Desain Interior dan Produk Furnitur

Desain Interior dan Produk Furniture

Sekilas Desain Interior

Mendesain ruang dan menata serta mengatur isi perabotan baik untuk ruang kantor maupun rumah memerlukan bakat dan keahlian tersendiri, jurusan Desain Interior dan Produk Furnitur (DIPF) Vocasional Life Skill MAN 2 Banyumas menjadi wadah bagi siswa-siswi dalam menyalurkan dan mengembangkan bakat dan keahlian tersebut.

Suasana kantor atau rumah yang menyenangkan dan nyaman menjadi impian banyak orang. Impian ini akan mudah dapat terwujud dengan perencanaan desain yang baik dan benar. Dari sinilah diharapkan siswa-siswi MAN 2 Banyumas yang mengikuti jurusan ini akan mampu berperan dalam membantu merencanakan desain dan mewujudkannya. Yaitu nantinya diharapkan siswa lulusan jurusan DIPF mampu menjadi seorang drafter yang mampu menggambar desain dari interior ruang dan fasad bangunan baik secara gambar desain 2D maupun gambar desain 3D.

Kompetensi pelatihan yang diberikan

  1. Gambar Mistar/Proyeksi
  2. Penggunaan AutoCad dan SketchUp sebagai aplikasi dalam mendesain gambar 2D dan 3D
  3. Penggunaan Coreldraw dan Photoshop sebagai aplikasi dalam mendesain brosur.
  4. Gambar Interior Ruang Kantor
  5. Gambar Interior Ruang Tamu
  6. Gambar Interior Ruang Keluarga
  7. Gambar Interior Kamar Tidur
  8. Gambar interior Dapur dan Kitchen set
  9. Gambar interior Teras Rumah
  10. Gambar Interior Mushola (dalam Rumah)
  11. Gambar Fasad Luar Bangunan
  12. Gambar Perabot Furniture Isi Ruang

Perangkat lunak yang akan dilatihkan :

  • Autocad
  • Sketchup
  • Vray
  • Corel Draw
  • Photoshop
  • Indesign
  • 3DS Max

Peluang kerja :

  • Interior Decorator, Designer ruang
  • Desainer Dekorator
  • Fotografi stylist berdiri
  • Rumah makeover


Sejarah Singkat Jurusan Desain Interior dan Produk Furnitur

Jurusan Desain Interior dan Produk Furnitur berawal dari dibukanya jurusan baru yaitu Teknik Desain Arsitek (TDA) yang mulai dibuka pada tahun ajaran 2010/2011.

Selanjutnya pada tahun ajaran 2017/2018 mengikuti spectrum di SMK maka Jurusan Teknik Desain Arsitek (TDA) ini berubah berganti nama menjadi Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan (DPIB).

Dan akhirnya pada Tahun Ajaran 2019/2020 mengikuti SK yang dikeluarkan Kemenag berganti nama lagi menjadi Desain Interior dan Produk Furnitur (DIPF) hingga saat ini.

Jadi nama jurusan Keterampilan Desain Interior dan Produk Furnitur (DIPF) di MAN 2 Banyumas adalah merupakan nama baru perubahan dari jurusan yang lama yaitu dari jurusan Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan (DPIB). Dimana jurusan keterampilan ini kurikulumnya berisi kurikulum jurusan lama (DPIB) dengan dilakukan inovasi yaitu lebih menekankan pada desain interior bangunan rumah sampai menjadi brosur pemasaran.

Mengenal Prodi Desain Interior dan Prospek Kariernya

Bila kamu menyukai hal yang berhubungan dengan desain, terutama desain ruangan, silahkan klik prodi Desain Interior , artikel tersebut bisa menjadi pertimbangan.