Tata Boga

KETRAMPILAN TATA BOGA MAN 2 BANYUMAS

Tata boga adalah suatu disiplin ilmu terkait dengan seni dalam menyiapkan, memasak, dan menghidangkan makanan siap saji. Seseorang yang memiliki keahlian dalam tata boga dinamakan sebagai koki, juru masak atau chef, di mana orang ini diharuskan untuk memiliki pengetahuan dalam ilmu pangan, nutrisi dan diet, serta memiliki kreativitas dalam menyiapkan hidangan makanan yang menarik untuk dilihat.  ilmu tata boga sangat terkait dengan industri pariwisata dan perhotelan.

Materi yang dipelajari di Program ketrampilan Tata Boga diantaranya  mengenai  :

Untuk  Kelas X ada  materi Boga Dasar, Pengetahuan Bahan Makanan, Ilmu Gizi, Keamanan Pangan,  dan Sanitasi Hygiene  keselamatan kerja

Untuk Kelas XI  dan XII ada materi Tata Hidang, Pengetahuan Produk Cake dan Kue Indonesia, Pengolahan dan Penyajian Makanan Indonesia, Pengolahan dan Penyajian Makanan Kontinental, Produk Pastry dan Bakery, dan  Pengelolaan Usaha Boga. Seperti yang sudah mungkin kamu duga, jurusan tata boga berhubungan  dengan bidang kuliner. Namun di jurusan ini kamu bukan hanya sekedar akan mempelajari mengenai teori tapi juga praktek  dari semua materi yang dipelajari. Dari pengetahuan barang dapur, teknik memasak, bahan makanan , cara menyajikan/menghidangkan  makanan, dan pengolahan makanan Indonesia, oriental  maupun kontinental. Jenis-jenis minuman dan Juga pengolahan pastry dan bakery.