Blog Post

Bimtek Virtual Persiapan Try Out Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Kelas XI MAN 2 Banyumas Tahun Pelajaran 2020/2021

Bimtek Virtual Persiapan Try Out Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Kelas XI MAN 2 Banyumas Tahun Pelajaran 2020/2021

Tanpa terasa sekarang sdh memasuki akhir semester gasal tahun pelajaran 2020/2021, tentunya masalah Bimtek Virtual Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) yang telah lama disuarakan Mendikbud harus segera dilaksanakan. Masyarakat bertanya seperti apakah AKM itu?. Jika AKM diberikan kepada peserta didik kelas XI lalu bagaimana dengan kelas XII?. Kapan pelaksanaan AKM?.

Agenda kegiatan MAN 2 Banyumas, tanggal 2-3 Nopember 2020 adalah Bimtek Persiapan Pelaksanaan Try Out (TO) AKM yang diikuti oleh Wakamad Akademis, Proktor, dan Teknisi. Dilanjutkan input data peserta AKM, pengaturan server dan sesi TO AKM, sedangkan TO AKM rencana akan dilaksanakan tanggal 11-12 Nopember 2020 mendatang.

AKM merupakan penilaian kompetensi mendasar yang diperlukan oleh semua peserta didik untuk mampu mengembangkan kapasitas dirinya dan berpartisipasi positif pada masyarakat. Adapun kompetensi mendasar yang diukur dalam AKM yaitu literasi membaca dan literasi matematika (numerasi).

Tujuan AKM adalah untuk mendorong perbaikan mutu pembelajaran dan hasil belajar peserta didik. Oleh karena itu AKM dirancang untuk menghasilkan informasi yang memicu pada perbaikan kualitas belajar mengajar yang pada gilirannya dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Mendikbud Nadiem Makarim, mengatakan hasil AKM tahun pelajaran 2020/2021 akan digunakan sebagai pemetaan awal (baseline) mutu sistem, tidak digunakan untuk menilai prestasi peserta didik ataupun kinerja guru dan sekolah/madrasah, laporan hasil Asesmen Nasional diberikan kepada guru dan sekolah/madrasah sebagai alat untuk melakukan evaluasi diri dan perbaikan pembelajaran, sehingga peserta didik, orang tua, guru, dan sekolah/madrasah tidak perlu melakukan persiapan khusus untuk menghadapi Asesmen Nasional. [HP]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts