Blog Post

Kegiatan Pengukuhan Penegak Bantara Ambalan Sunan Kalijaga dan Dewi Masitoh MAN 2 Banyumas Tahun 2020 Secara Daring

Kegiatan Pengukuhan Penegak Bantara Ambalan Sunan Kalijaga dan Dewi Masitoh MAN 2 Banyumas  Tahun 2020 Secara Daring

Tugas utama gerakan pramuka adalah menyeleggarakan pendidikan gerakan kepramukaan bagi anak-anak dan pemuda Indonesia. MAN 2 Banyumas sebagai salah satu lembaga pendidikan yang ikut peduli dengan generasi akan datang telah menyelenggarakan kegiatan “Pengukuhan Penegak Bantara Secara Daring Ambalan Sunan Kalijga dan Ambalan Dewi Masitoh Gudep 02.0001-02.0002 MAN 2 Banyumas.

Kegiatan ini dilaksanakan secara daring karena adanya pandemic Covid-19 pada hari Selasa, 27 Oktober 2020 melalui aplikasi Zoom Meeting yang memungkinkan anggota lain ikut menyaksikan perjalanan kegiatan tersebut dari rumah masing-masing. Adapun sebagai perwakilan peserta kegiatan adalah 10 orang dewan ambalan dan 12 sangga inti dengan pendamping bapak dan ibu pembina pramuka. Bertindak sebagai pemimpin kegiatan adalah Wakil Kepala Madrasah Bidang Kesiswaan Drs. Tun Fahmi Afif sekaligus mengukuhkan Penegak Bantara.

Dalam acara sambutan, Wakamad. Bidang Kesiswaan menyampaikan bahwa bila sudah melakukan sumpah dan dikukuhkan menjadi Penegak Bantara berarti harus siap menghadapi tantangan, tidak mudah mlempem meskipun di masa pandemic Covid-19. “Harapan ke depan bahwa kegiatan ini mampu menciptakan Penegak Bantara yang mampu bertanggung jawab kepada Tri Satya dan Dasa Dharma,” begitu imbuhnya.

Gerakan Pramuka Ambalan Sunan Kalijaga dan Dewi Masitoh merupakan ambalan pertama di kabupaten Banyumas dengan nomer registrasi 02.0001 dan 02.0002. Adapun kegiatan gerakan kepramukaan ambalan ini adalah ikut berpartisipasi dalam mewadahi sumber daya potensial melalui latihan-latihan dan perlombaan yang dapat menumbuhkan dan meningkatkan keterampilan, pengetahuan, serta wawasan mereka untuk mengatasi pembangunan sehingga dapat membantu pemerintah dalam membentuk kader dalam pembangunan yang berjiwa pancasila dan sanggup serta mampu menyelenggarakan pembangunan masyarakat, bangsa, dan negara di masa yang akan datang. (MF)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts