Blog Post

Kompetisi Sains Madrasah Tahun 2021

Kompetisi Sains Madrasah Tahun 2021

MAN 2 Banyumas, Purwokerto. Kompetisi Sains Madrasah (KSM) merupakan kegiatan yang diselenggarakan sebagai wahana membangun ghirah berkompetisi siswa madrasah dibidang sains. Sejak awal digelar pada tahun 2012, KSM telah menjadi ajang yang positif dalam mengembangkan bakat dan skill keilmuan siswa madrasah. Apalagi semenjak tahun 2018 sampai sekarang, soal-soal KSM sudah dikolaborasikan antara sains dengan konteks nilai-nilai Islam. Soal sains yang terintegrasi dengan keislaman dengan menggali konsep-konsep yang ada dalam Al Qur’an yang nantinya akan dituangkan dalam soal sains. Dengan diintegrasikannya nilai-nilai Al Qur’an ini di dalam soal-soal KSM akan lebih memacu semangat siswa untuk mensinergikan pemahaman ilmu sains dengan ilmu agama. Sehingga tujuan pelaksanaan KSM di tahun 2021 yaitu untuk memperteguh akhlak mulia, kreatif, inovatif, berwawasan kebangsaan, cerdas, sehat, disiplin serta menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, insyaallah akan tercapai.

Sesuai dengan petunjuk teknis Kompetisi Sains Madrasah (KSM) akan dilaksanakan beberapa tahap dengan waktu yang berbeda. Adapun tahapan dan waktu pelaksanaan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) sebagai berikut :

Tahapan KSMWaktuTempat
KSM Tingkat Satuan Pendidikan21 – 30 Juni 2021Ditetapkan madrasah/sekolah masing-masing
Pendaftaran KSM Kabupaten/Kota5 – 26 Juli 2021Klik Disini untuk mendaftar
Ujicoba KSM Kabupaten/Kota14 – 16 Agustus 2021Di rumah masing-masing peserta atau tempat yang representatif terkait signal dan PC yang digunakan
KSM Kabupaten/Kota21 – 23 Agustus 2021Di rumah masing-masing peserta atau tempat yang representatif terkait signal dan PC yang digunakan
Pengumuman Pemenang KSM Kabupaten/Kota28 Agustus 2021Melalui Portal dan akun KSM masing-masing Satuan Pendidikan
KSM Provinsi18 – 20 September 2021Di rumah masing-masing peserta atau tempat yang representatif terkait signal dan PC yang digunakan
Pengumuman Pemenang KSM Provinsi25 September 2021Melalui Portal dan akun KSM masing-masing Satuan Pendidikan
Technical Meeting Persiapan KSM Nasional9 Oktober 2021Di rumah masing-masing peserta atau tempat yang representatif terkait signal dan PC yang digunakan
KSM Nasional Berbasis Komputer23 Oktober 2021Peserta dikumpulkan di Provinsi masing-masing (Madrasah, kanwil, atau tempat yang telah ditentukan oleh kanwil).
Pengumuman Pemenang KSM Nasional30 Oktober 2021Melalui Portal dan akun KSM masing-masing Satuan Pendidikan
jadwal KSM 2021

Pada Hari Sabtu, 21 Agustus 2021 MAN 2 Banyumas melaksanakan KSM secara daring di laboratorium komputer MAN 2 Banyumas dengan protokol kesehatan ketat. Kegiatan KSM dibagi menjadi 3 sesi. Sesi 1 dimulai Pkl. 07.30 s.d 09.30 WIB. Sesi 2 dimulai pukul 10.00 WIB s.d 12.00 WIB. Sesi 3 dimulai pukul 12.30 s.d 14.30 WIB. Sedangkan untuk jenis mata pelajaran pada sesi 1 adalah Biologi dan Matematika, sesi 2 mapel Fisika dan Kimia, sesi 3 mapel Geografi dan Ekonomi.

Untuk Bidang Mapel Biologi MAN 2 Banyumas diwakili oleh ananda Afiati Aris Rahmawati, Mapel Matematika oleh ananda Indra Damar Putra, Mapel Fisika oleh ananda Valyandini Widya Ajeng Cempaka, Kimia oleh ananda Khaerunisa Salsabila Zulfandini, Mapel Ekonomi oleh ananda Zerlina Agista Zahro, Mapel Geografi oleh ananda Naya Parahita Wibowo.

Secara umum pelaksanaan KSM di MAN 2 Banyumas Alhamdulillah berjalan dengan baik dan lancar. Akses peserta melalui daring tidak mengalami kendala karena didukung oleh infrastruktur yang memadai. Lebih dari itu seluruh Civitas Akademika MAN 2 Banyumas juga ikut mendukung.

Semoga KSM kali ini MAN 2 Banyumas mendapat hasil yang maksimal dan sesuai dengan harapan. Aamiin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts