Blog Post

“Lead Yourself, Lead The World” Dalam Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) Sekbid OSIM MAN 2 Banyumas Tahun 2021

“Lead Yourself, Lead The World” Dalam Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK)  Sekbid OSIM MAN 2 Banyumas Tahun 2021

MAN 2 Banyumas, Purwokerto – OSIM MAN 2 Banyumas menyelenggarakan kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) selama 2 hari yaitu mulai Juma’t s.d. Sabtu, 8-9 Oktober 2021 bertempat di Aula MAN 2 Banyumas. Kegiatan tersebut dibuka oleh Wakil Kepala Madrasah Bidang Kesiswaan MAN 2 Banyumas Drs. Tun Fahmi Afif pada hari Jum’at (8/10/2021).

Kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) Sekbid OSIM MAN 2 Banyumas tahun 2021 diikuti oleh perwakilan dari 7 Sekbid (14 unit organisasi) dibawah naungan OSIM MAN 2 Banyumas sebanyak 40 peserta dengan mengangkat tema “Lead Yourself, Lead The World.”.

Di sela-sela sebelum pelaksanaan kegiatan, Meautia Syauqi selaku ketua panitia pelaksana menjelaskan bahwa alasan pengambilan tema “Lead Yourself, Lead The World” adalah untuk menyadarkan kita semua betapa pentingnya Leadership Skill. Oleh karena itu, jika ingin memimpin dunia maka tiap kita harus bisa memimpin diri sendiri lebih dahulu.

Adapun Ruang lingkup materi kegiatan LDK meliputi materi Keorganisasian, Kepemimpinan, Manajemen Organisasi, Fungsi dan Peran Organisasi serta Public Speaking.

Upacara pembukaan kegiatan LDK Sekbid OSIM MAN 2 Banyumas tahun 2021 dilaksanakan pada hari Jum’at (8/10) pukul 07.30 WIB di Aula MAN 2 Banyumas. Pada acara tersebut Wakamad Bidang Kesiswaan Tun Fahmi Afif memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan. Dalam sambutannya, beliau menjelaskan betapa penting dan bermanfaatnya organisasi dan betapa penting dan pengaruhnya seorang pempimpin. Beliau juga menambahkan suatu ucapan yang menyatakan bahwa “Orang kafir yang terorganisir lebih baik dari orang islam yang tidak terorganisir” untuk menggambarkan betapa pentingnya membangun organisasi yang baik.

Dalam kesempatan tersebut beliau juga menyampaikan informasi terkait vaksinasi kepada peserta kegiatan LDK bahwa jumlah total siswa yang telah melaksanakan vaksinasi adalah 1432 siswa sehingga tinggal menunggu beberapa siswa saja yang belum vaksin. Ini penting karena terkait dengan pelaksanaan PTM yang sedang dilaksanakan di MAN 2 Banyumas.

Selanjutnya kegiatan LDK dilaksanakan setelah acara pembukaan mulai pukul 08.00 s.d. 11.00 WIB dengan mengikuti Prokes Covid-19 yang telah ditetapkan.  Meskipun kegiatan dilaksanakan secara sederhana karena pandemi Covid-19 namun tetap tidak mengurangi makna dan essensi dari tujuan kegiatan itu sendiri.

Hal yang menarik pada kegiatan LDK tahun ini adalah disediakannya Door Prize bagi peserta yang bisa menjawab dengan benar setiap pertanyaan terkait materi pada setiap sesi materi yang telah disiapkan oleh panitia.

Adapun target dari kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Sekbid OSIM MAN 2 Banyumas adalah setiap peserta mampu menggali potensinya masing-masing serta mampu membuat keputusan dan memecahkan suatu masalah. Harapan selanjutnya adalah munculnya bibit-bibit peserta yang memiliki potensi dan jiwa kepemimpinan yang bisa menggantikan generasi ketua-ketua organisasi sebelumnya dalam reorganisasi.

Kegiatan LDK merupakan kegiatan rutin dan telah menjadi Program Kerja OSIM MAN 2 Banyumas dengan tujuan meningkatkan pengetahuan, keterampilan serta kepribadian peserta didik sebagai calon pemimpin, dalam menjalankan tugas pokok dan fungsi kepemimpinannya dengan baik.

Semoga kegiatan tersebut bisa memberi bekal yang bermanfaat bagi peserta kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Sekbid OSIM MAN 2 Banyumas sehingga mereka mampu menjadi seorang pemimpin yang bijak dan mampu menghadapi segala tantangan di masa yang akan datang serta menjadi pribadi yang bermanfaat bagi diri sendiri, agama, nusa dan bangsa. (Mufi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts