Blog Post

Menuju Iman dan Taqwa Dalam Kegiatan Idul Adha 1445 H

Menuju Iman dan Taqwa Dalam Kegiatan Idul Adha 1445 H

Purwokerto (Humas) – MAN 2 Banyumas menyelenggarakan kegiatan penyembelihan hewan qurban dalam rangka memperingati hari raya Idul Adha 1445 H pada hari ini, Selasa (18/06/2024).

Turut hadir memantau kegiatan tersebut, Kepala MAN 2 Banyumas H. Muhamad Siswanto, M.Pd.I. yang memberikan dukungan dan semangat kepada peserta didik yang mengikuti kegiatan tersebut.

Menurut Siswanto, selain tujuan yang mulia, kegiatan penyembelihan hewan qurban ini juga mempunyai banyak manfaat, baik bagi peserta didik dalam hal pembelajaran praktik keagamaan maupun aspek sosial.

“Setidaknya ada 4 (empat) keutamaan yang bisa peserta didik petik dari kegiatan penyembelihan hewan qurban, yaitu pertama, peserta didik mampu meneladani

dan mengikuti anjuran Nabi Ibrahim AS dalam hal ketaqwaan kepada Alloh SWT. Kedua, peserta didik bisa melatih dan mempraktikan secara langsung proses penyembelihan hewan qurban menurut syariat agama Islam. Ketiga, peserta didik mampu mengembangkan pembelajaran Meta Kognitif dimana hasil dari pelatihan penyembelihan hewan tersebut bisa diterapkan di masyarakat saat kegiatan idul qurban secara professional mengikuti syariat Islam. Keempat, secara aspek sosial, kegiatan ini memupuk rasa empati peserta didik serta meningkatkan rasa solidaritas terhadap sesama, baik sesama muslim maupun lainnya,” jelas Siswanto.

“Berkurban bukan hanya tentang menyembelih hewan kemudian untuk dimakan, tetapi juga terdapat unsur berbagi pada saudara yang tidak mampu,” tambah Siswanto.

“Kita harus memiliki kemampuan untuk memahami apa yang dirasakan orang lain, melihat sesuatu dari sudut pandang orang lain, dan juga membayangkan diri sendiri berada di posisi orang tersebut. Memainkan peran semacam ini itu penting dalam membangun dan menjaga hubungan antara sesama manusia,” pungkas Siswanto.

Ketua panitia kegiatan, Khayat Fatuddin, S.Pd.I., M.Pd.I. menyatakan bahwa pada kegiatan Idul Adha kali ini, kita menyembelih satu ekor sapi dan tiga ekor kambing dimana satu kambing adalah sumbangan dari BSI.

Alhamdulillah, kita bisa mentasarufkan sebanyak 276 kantong daging untuk saudara-saudara kita yang berada di lingkungan MAN 2 Banyumas, terang Khayat.

Yusuf Haryadi, S.Ag. selaku Pembina Rohis MAN 2 Banyumas mengungkapkan bahwa ada tiga ekor kambing yang disembelih siswa secara bergantian dan semuanya berjalan dengan baik dan telah sesuai dengan prosedur penyembelihan yang disyariatkan.

“Selain penyembelihan, siswa juga dilatih dalam mengelola hewan qurban yang telah disembelih dan ikut berpartisipasi dalam mendistribusikannya kepada masyarakat yang membutuhkan. (Mufi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Related Posts

Silahkan Chat
Assalamu`alaikum Wr.Wb