Blog Post

Penyampaian Visi dan Misi kandidat ketua PMR Wira MAN 2 Banyumas

Penyampaian Visi dan Misi kandidat ketua PMR Wira MAN 2 Banyumas

Penyampaian Visi dan Misi oleh kandidat ketua Unit Organisasi PMR Wira MAN 2 Banyumas periode 2020/2021

Visi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) bermakna penglihatan; pengamatan, kemampuan untuk merasakan sesuatu yang tidak tampak melalui kehalusan jiwa dan ketajaman penglihatan, kemampuan untuk melihat pada inti persoalan, pandangan atau wawasan ke depan.

Sedangkan secara umum visi itu merupakan serangkaian kata yang menunjukkan impian, cita-cita atau nilai inti sebuah keinginan sekelompok orang atau secara pribadi dengan pandangan yang jauh ke masa depan demi mencapai sebuah tujuan yang diinginkan.

Visi itu dapat berubah dan berkembang sesuai pengaruh dan perkembangan zaman yang tidak bisa diprediksi kedepannya. Maka dari itu visi sering kali tidak ditulis secara detail, namun digambarkan menerangkan detail gambaran sistem yang menjadi tujuannya.

Oleh karena itu ada beberapa syarat sebuah kata atau kalimat bisa dikatakan memenuhi kriteria visi yaitu tidak dibuat berdasarkan kondisi pada saat ini, berorientasi ke depan dan mengekspresikan kreativitas dan berdasarkan pada prinsip nilai-nilai yang mengandung penghargaan bagi masyarakat.

Sedangkan makna kata misi lebih fokus ke bagaimana langkah-langkah demi mencapai visi yang sudah ditentukan. What be believe we can do atau apa yang bisa dipercaya, akan bisa kita lakukan. Itulah perbedaan Perbedaan visi dan misi jika di artikan secara harafiah.

Misi adalah suatu pernyataan tentang apa yang harus dikerjakan dalam usaha mewujudkan suatu visi yang telah dibuat. Misi itu ibarat langkah-langkah kecil yang dibagi untuk mempermudah serta bentuk usaha nyata dalam memberikan arah sekaligus batasan-batasan proses pencapaian tujuan.

Dengan kata lain, arti misi adalah prioritas, metode, atau nilai-nilai kerja yang menjadi landasan untuk memberi petunjuk garis besar dalam mewujudkan sebuah visi.

Seorang pemimpin diharapkan memiliki visi dan misi yang dapat memajukan unit organisasi yang dipimpinnya. Namun, sebagus apapun visi dan misi jika hanya slogan belaka tanpa ada niat melaksanakan visi dan misi tersebut, unit organisasi tersebut akan sulit berkembang. Oleh karena itu, visi dan misi yang kuat harus disertai kesungguhan untuk mewujudkannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts