Blog Post

“Reorganisasi dan Regenerasi” Pada Kegiatan Musyawarah Siswa (MUSYWA) Tahun 2020 MAN 2 Banyumas Secara Daring

“Reorganisasi dan Regenerasi” Pada Kegiatan Musyawarah Siswa (MUSYWA) Tahun 2020 MAN 2 Banyumas Secara Daring

“Meninggalkan” atau “Ditinggalkan” itu adalah hal yang pasti dalam siklus kehidupan. Tentu tak akan ada yang abadi di dunia ini. Selalu ada yang pergi dan selalu ada yang datang. Begitupun dalam suatu organisasi. Dalam kurun waktu tertentu atau biasa disebut masa bakti selalu akan terjadi reorganisasi dan regenerasi.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, istilah “Reorganisasi” adalah penyusunan atau penataan kembali (pengurus, lembaga, dan sebagainya). Sedangkan makna “Regenerasi” adalah penggantian generasi tua kepada generasi muda. Reorganisasi dan Regenerasi dalam sebuah organisasi adalah siklus yang wajib dilalui dengan harapan agar organisai tersebut berkembang menjadi lebih baik dari masa ke masa. Karena tidak dapat dipungkiri bahwa salah satu indikator sehatnya suatu organisasi adalah ketika terjadi peralihan generasi/regenerasi organisasi dapat berjalan seperti kondisi sebelumnya, bahkan lebih baik. Dengan peremajaan dan pembaruan semangat diharapkan mampu membentuk jaringan sel baru yang lebih produktif.

MAN 2 Banyumas sebagai salah satu sekolah/madrasah dengan jumlah siswa terbesar di Kabupaten banyumas telah menyelenggarakan kegiatan Musyawarah Siswa MAN 2 Banyumas Tahun 2020 dengan lancar. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Jum’at dan Sabtu, 6 – 7 November 2020 secara daring mulai pukul 08.00 s.d. 13.30 WIB. Panitia kegiatan Musywa 2020 ini adalah Majlis Perwakilan Kelas (MPK). Sedangkan peserta kegiatan adalah sebagai berikut :
1. Pengurus OSIM MAN 2 Banyumas.
2. Pengurus Harian Unit Organisasi Kesiswaan MAN 2 Banyumas.
3. Pembina Organisasi dan Unit Organisasi Bidang Kesiswaan MAN 2 Banyumas.
4. Pengurus dan Anggota Majlis Perwakilan Kelas (MPK) MAN 2 Banyumas.

Musywa sendiri merupakan media dan waktu yang tepat bagi para siswa untuk melaksanakan reorganisasi dan regenerasi dalam suatu organisasi di MAN 2 Banyumas. Kegiatan ini telah menjadi program rutin setiap tahun dan telah menjadi program kerja OSIM, MPK dan Bidang Kesiswaan MAN 2 Banyumas sekaligus tempat berkumpulnya 16 unit organisasi (23 jenis ekstrakurikuler).

Tidak seperti pada tahun-tahun sebelumnya, kegiatan Musywa 2020 ini tidak bisa diikuti oleh semua peserta yang tergabung dalam organisasi dan unit organisasi Bidang Kesiswaan MAN 2 Banyumas karena alasan Pandemi Covid-19. Pihak penyelenggara hanya mengizinkan perwakilan atau utusan dari masing-masing organisasi dan unit organisasi. Namun demikian kegiatan ini disiarkan secara langsung melalui aplikasi You Tube Seni Mandamas, sehingga peserta lain yang berada di rumah bisa ikut menyaksikan dan berpartisipasi pada kegiatan tersebut dari awal hingga akhir dalam bentuk penyampaian ide ataupun penyanggahan.

Kegiatan Musyawarah Siswa MAN 2 Banyumas Tahun 2020 ini diawali dengan acara pembukaan oleh Wakamad. Bidang Kesiswaan Drs. Tun Fahmi Afif. Dalam sambutannya, Wakamad. Bidang Kesiwaan meminta agar kegiatan dibuat sesederhana mungkin untuk mempersingkat waktu kegiatan karena faktor pandemi Covid-19 dan tetap melaksanakan physical distancing. Kemudian beliau menambahkan bahwa dalam penyusunan pengurus OSIM sebagai organisasi induk sebaiknya ada perwakilan dari masing-masing unit organisasi yang menjadi pengurus harian OSIM. Hal ini penting agar semua kegiatan siswa bisa berjalan secara sinergis dan unsur kebersamaan selalu ada.

Secara khusus kegiatan Musyawarah Siswa (MUSYWA) MAN 2 Banyumas Tahun 2020 bertujuan untuk :
1. Mengakhiri kepengurusan organisasi dan unit organisasi kesiswaan masa bakti 2019-2020.
2. Memilih dan membentuk susunan kepengurusan organisasi dan unit organisasi bidang kesiswaan masa bakti 2020-2021.
3. Merevisi AD/ART OSIM.
4. Pembentukan KPU dan Ketua OSIM dan Wakil Ketua OSIM.
5. Mempererat hubungan antara pengurus unit organisasi bidang kesiswaan MAN 2 Banyumas.

Jenis kegiatan Musyawarah Siswa (MUSYWA) Tahun 2020 adalah Sidang Pleno dan Sidang Komisi dengan agenda sebagi berikut :

Jum’at, 6 November 2020 :
• Sidang Pleno I dengan materi Tata Tertib.
• Sidang Komisi dengan materi LPJ dan Reoganisasi.
• Sidang Pleno II dengan materi Hasil Sidang Komisi.
Sabtu, 7 Nomber 2020 :
• Sidang Pleno I dengan materi Tata Tertib.
• Sidang Pleno III dengan materi AD/ART OSIM
• Sidang Pleno IV dengan materi LPJ OSIM.
• Sidang Pleno V dengan materi Pembentukan KPU.

Pada akhirnya kegiatan MUSYWA MAN 2 Banyumas Tahun 2020 ditutup oleh Pembina OSIM yaitu bapak Khayat Fattudin, M.Pd.I pada hari Sabtu, 7 November 2020 pukul 14.30 WIB. Dalam penutupan, beliau menyampaikan bahwa kegiatan ini bisa menjadi pembelajaran yang berharga terutama dalam berorganisasi. Adapun harapan kedepan bahwa OSIM dan unit organisasi lainnya dapat menyusun program-program dengan baik dan terstrukur sehingga bisa berjalan dengan lancar. (Mufi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts