Blog Post

Pelaksanaan Try Out AKM Tahun Pelajaran 2020/2021 Di MAN 2 Banyumas

Pelaksanaan Try Out AKM Tahun Pelajaran 2020/2021 Di MAN 2 Banyumas

Alhamdulillah …. pagi ini cuaca cerah, sesuai dengan agenda kegiatan MAN 2 Banyumas. Mulai tanggal 11-12 Nopember 2020 adalah pelaksanaan
Try Out (TO) Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) untuk peserta didik kelas XI. Peserta sudah siap 15 menit lebih awal dari jadwal sesi yang sudah di- share oleh wali kelas, karena pembagian kartu diberikan saat tes di ruang Laboratorium Komputer. Proktor Drs. Aminudin, ST. mengatakan bahwa dalam kartu sudah tercantum User Name dan Password dari masing-masing peserta yang digunakan untuk membuka dan memulai mengerjakan soal dengan Token yang ada di sudut kanan atas masing-masing soal.

Proktor menambahkan, pelaksanaan TO AKM ini diikuti oleh 573 peserta didik kelas XI. Sesuai dengan pembagian sesi, sebagai berikut ; Sesi 1 pukul 07.00-09.00, Sesi 2 pukul 09.00-11.00, Sesi 3 pukul 11.00-13.00, dan Sesi 4 pukul 13.00-15.00. Dengan jadwal Hari Pertama Rabu (11/11) : Tes Literasi (90 menit) dan Tes Survei Karakter (30 menit). Hari Kedua Kamis (12/11) : Tes Numerasi (90 menit) dan Tes Survei Lingkungan Belajar (30 menit), dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan yang sangat ketat. Demikian Waka Akademik Drs. H. Sujono menambahkan.

AKM terdiri dari 3 Aspek, Pertama : Literasi membaca dan Numerasi. Literasi membaca adalah kemampuan untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan berbagai jenis teks untuk menyelesaikan masalah, mengembangkan kapasitas individu, sebagai warga Indonesia dan warga dunia agar dapat berkontribusi secara produktif di masyarakat. Sedangkan Numerasi merupakan kemampuan berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika untuk menyelasaikan masalah sehari-hari pada berbagai jenis konteks yang relevan untuk individu sebagai warga Indonesia dan dunia. AKM diberikan dalam bentuk soal yang dikerjakan oleh peserta didik, ada 5 bentuk soal AKM yaitu ; pilihan ganda, pilihan ganda kompleks, menjodohkan, isian singkat, dan uraian.

Kedua, Survei Karakter : Survei karakter dikerjakan oleh peserta didik untuk mendapatkan informasi hasil belajar sosial-emosional. Survei karakter ini akan mengukur enam aspek Profil Pelajar Pancasila, yaitu ; beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME serta berakhlak mulia, berbhinekaan global, bergotong-royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif.

Ketiga, Survei Lingkungan Belajar : Survei lingkungan belajar dikerjakan oleh peserta didik untuk mengukur kualitas berbagai input dan proses belajar mengajar di sekolah/madrasah. Survei lingkungan belajar nengumpulkan indormasi tentang kualitas proses pembelajaran dan iklim yang menunjang pembelajaran. [HP]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts