Blog Post

“Kegiatan Musyawarah Penegak (MUSGAK) Gerakan Pramuka Ambalan Sunan Kalijaga dan Ambalan Dewi Masitoh MAN 2 Banyumas Tahun 2020 Telah Sukses Dilaksanakan”

“Kegiatan Musyawarah Penegak (MUSGAK) Gerakan Pramuka Ambalan Sunan Kalijaga dan Ambalan Dewi Masitoh MAN 2 Banyumas Tahun 2020 Telah Sukses Dilaksanakan”

Gerakan Pramuka Gudep 02.0001 Ambalan Sunan Kalijaga dan Gudep 02.0002 Dewi Masitoh MAN 2 Banyumas telah sukses melaksanakan kegiatan Musyawarah Penegak (MUSGAK) Tahun 2020 pada hari Senin dan Selasa, 16 – 17 November 2020. Makna sukses tentu dikaitkan dengan kegiatan yang berlangsung lancar, tepat  waktu dan menghasilkan kesepakatan bersama di masa Pandemi Covid-19 ini.

Musyawarah Ambalan adalah forum tertinggi  para Pramuka Penegak di bawah bimbingan Pembina Penegak. Musyawarah Ambalan juga sebagai alat penyalur aspirasi tentang arah kegiatan dan pengelolaan berbagai aspek kehidupan ambalan ke depan,  dilaksanakan sekurang-kurangnya 1 tahun sekali dan dalam kondisi khusus  dapat diselenggarakan Musyawarah Ambalan Luar Biasa  sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Di sisi lain, Musyawarah Ambalan merupakan salah satu alat kelengkapan Ambalan disamping alat kelengkapan lain seperti Pembina Ambalan Penegak, Dewan Ambalan Penegak, Badan Pengurus Harian Dewan Ambalan Penegak,  Dewan Adat, Dewan Kehormatan dan Adat Tradisi Ambalan. Semua alat kelengkapan tersebut saling terkait dan menjadi  media pendidikan partisipatif  bagi Pramuka Penegak di Ambalannya.

Kegiatan ini diselenggarakan secara rutin 1 kali dalam setahun dan telah menjadi program kerja Ambalan. Namun, adanya pandemi Covid-19 menjadikan kegiatan Musgak di tahun ini menjadi lebih terbatas baik peserta ataupun waktunya. Pelaksanaan kegiatan harus mengikuti standar protokol penanganan Covid-19.

Dengan mengusung tema kegiatan “MEWUJUDKAN GENERASI PENERUS YANG UNGGUL, BERDAYA SAING TINGGI, DAN BERSINERGI MELALUI PEMANFAATAN TEKNOLOGI DI MASA PANDEMI” dan Motto “SATYAKU KU DARMAKAN, DARMAKU KU BAKTIKAN”, kegiatan Musyawarah Penegak Tahun 2020 ini dibuka oleh Kamabigus yang diwakili oleh Wakamad. Bidang Kesesiwaan Drs. Tun Fahmi Afif pada acara pembukaan. Dalam sambutannya beliau menyampaikan agar selama pelaksanaan kegiatan baik peserta maupun panitianya harus mengikuti protokol Covid-19 dan menggunakan waktu dengan sebaik mungkin agar kegiatan berjalan sesuai dengan agenda yang telah disepakati bersama. Pada acara pembukaan tersebut, beliau juga menyerahkan Palu Sidang kepada panitia pelaksana kegiatan.

Secara khusus, tujuan dari Musyawarah Penegak Ambalan Sunan Kalijaga dan Dewi Masitoh adalah untuk :

  1. Memusyawarahkan serta mempertanggungjawabkan program kerja dari Dewan Ambalan Sunan Kalijaga Dewi Masitoh masa bakti 2019-2020
  2. Pemilihan Pengurus Ambalan untuk masa bakti 2019-2020
  3. Membuat program kerja baru untuk satu tahun kedepan
  4. Sebagai wadah untuk mencari generasi penerus
  5. Mencetak anggota pramuka yang beriman dan bertaqwa
  6. Menambah pengetahuan tentang gerakan pramuka

Peserta kegiatan adalah Dewan Ambalan, Calon Dewan Ambalan, Calon Sangga Inti dan perwakilan kelas X.

Pada hari pertama pelaksanaan kegiatan diawali dengan pembekalan Tupoksi Dewan Ambalan oleh Pembina Pramuka dan dilajutkan dengan musyawarah pendahuluan berupa :

  • pembahasan agenda musyawarah
  • pembahasan tata tertib musyawarah
  • penetapan kuorum
  • pengesahan

Adapun Agenda utama hari I adalah :

  1. SIDANG PLENO I :
  • pembentukan presidium
  • pengesahan presidium
  1. SIDANG KOMISI
  • Sidang komisi A : Organisasi
  • Sidang Komisi B : Kegiatan
  • Sidang Komisi C : Adat

Dilanjutkan Agenda utama hari II, yaitu :

  1. SIDANG PLENO II
  • Penyampaian laporan  Pertanggungjawaban  Dewan Ambalan Tahun 2020
  • Pandangan umum dari peserta
  1. Pemaparan Visi dan Misi
  2. Pemilihan secara langsung Badan Pengurus Harian dan Dewan Adat.
  3. Pengumuman.

Kegiatan Musyawarah Penegak Ambalan Sunan Kalijaga dan Dewi Mastioh ditutup oleh Pembina Pramuka Bapak Deni Firman Suprayogo, S.Pd. dengan salah satu hasil dari Musgak tersebut adalah dengan terpilihnya :

A. Pradana :

1. Asyrof Eling Anjagi ( Kelas XI. IPA 1 )

2. Indah Yulita Zahiratin Innayah ( Kelas XI. IPA 2 )

B. Pemangku Adat :

1. Arya sactria marta ( XI. IPS 3 )

2. Ririn dwi noviyanti ( XI. IPA 2 )

Selamat Bekerja! (Mufi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts