Blog Post

Kegiatan Upgrading dan Musyawarah Kerja (Musker) Tahun 2020 Pengurus OSIM, MPK dan Seksi Bidang MAN 2 Banyumas Masa Bakti 2020/2021 berlangsung sehari

Kegiatan Upgrading dan Musyawarah Kerja (Musker) Tahun 2020 Pengurus OSIM, MPK dan Seksi Bidang MAN 2 Banyumas Masa Bakti 2020/2021 berlangsung sehari

Upgrading dan Musyawarah Kerja (Musker) adalah salah satu kegiatan rutin tahunan dan telah menjadi program kerja bersama baik MPK, OSIM maupun Unit Organisasi Kesiswaan yang bernaung dibawah Seksi Bidang Kesiswaan MAN 2 Banyumas.

Pada tahun ini, kegiatan Upgrading dan Musyawarah Kerja Pengurus OSIM, MPK dan Seksi Bidang hanya boleh diikuti oleh masing-masing perwakilan karena alasan pandemi Covid-19. Dan kegiatan juga harus mengikuti protokol kesehatan Covid-19. Dalam kesempatan kali ini kegiatan tersebut dilaksanakan hanya sehari yaitu pada hari Sabtu, 12 Desember 2020 mulai pukul 07.30 s.d. pukul 15.00 WIB di Aula MAN 2 Banyumas. Ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yaitu 2 hari.

Adapun peserta dari kegiatan Upgrading dan Musyawarah Kerja tahun ini adalah:

  1. Pengurus OSIM MAN 2 Banyumas.
  2. Pengurus MPK MAN 2 Banyumas.
  3. Pengurus harian Seksi Bidang MAN 2 Banyumas.
  4. Pembina Seksi Bidang dan Organisasi Kesiswaan MAN 2 Banyumas.

Tema yang diangkat pada kegiatan Upgrading dan Musyawarah kerja tahun 2020 ini adalah “Musyawarah Kerja sebagai pondasi awal untuk optimalisasi kinerja antara OSIM dan Seksi Bidang guna membentuk karakter yang Inovatif, Kreatif dan Akademis.”

Sebagaimana lazimnya musyawarah kerja, kegiatan inipun diawali dengan upacara pembukaan yang secara resmi dibuka oleh Wakamad. Bidang Kesiswaan, Bapak Drs. Tun Fahmi Afif. Dalam sambutannya beliau menyampaikan 3 hal yaitu pertama, seluruh agenda yang sudah disepakati baik dalam bentuk waktu maupun kegiatan untuk dilaksanakan tepat waktu. Kedua, sebaiknya seluruh program kerja yang disusun memang sudah disiapkan secara matang sebelumnya sehingga nanti tinggal memplenokan saja. Ketiga, program kerja harus disusun secara rasional menyesuaikan waktu, anggaran dan kondisi saat ini terutama berhubungan dengan pandemi Covid-19. Dalam sambutanya Bapak Tun Fahmi juga tidak lupa menyampaikan amanat dari Kepala Madrasah Bapak Drs. H. Mahmurroji, M.Pd bahwa sesibuk apapun nanti agar jangan sampai melupakan sholat.

Secara sederhana kegiatan Upgrading dan Musyawarah Kerja ini berisi 2 bentuk kegiatan yaitu Pembekalan Materi dan Rapat Pleno dengan agenda sebagai berikut :

• Materi I : Teknik Merancang dan Melaporkan Anggaran
Presentasi oleh Wakamad. Bid. Kurikulum, Drs. H. Sujono
• Materi II : Teknik Menyusun Program Kerja
Presentasi oleh Wakamad Bid. Sarpras, Hari Prasetio, M.M.
• Materi III : Teknik Memimpin Rapat
Presentasi oleh Wakamad. Bid. Humas, H. Wakhid Syafrudin, S.Ag.
• Materi IV : Alur Persuratan Kegiatan Kesiswaan
Audio Visual / Sasi Welas Haryati, SE
• Materi V : Teknik Menyusun Surat
Audio Visual / Linda Safarlina, S.Pd.
• Materi VI : Teknik Menyusun Proposal Kegiatan
Audio Visual / Nurul Ainunnisa, S.Pd.
• Sidang Pleno I / Penyusunan Program Kerja
• Sidang Pleno II / Penetapan Program Kerja

Upgrading merupakan sebuah kegiatan pelatihan peningkatan mutu, pengetahuan, dan ilmu berorganisasi bagi pesertanya dalam hal ini para pengurus baru OSIM, MPK dan Seksi Bidang MAN 2 Banyumas masa bakti 2002/2021. Kegiatan ini berguna untuk meng-upgrade pesertanya agar bisa menyadari fungsi masing-masing di dalam kepengurusan baru organisasi tersebut. Disisi lain, sebagai seorang organisatoris yang memiliki wewenang, peran dan fungsi dituntut harus memiliki academic knowledge, skill of thinking, management skill dan communication skill agar mampu menjalankan 4 unsur utama dalam organisasi tersebut dengan baik yaitu mengambil keputusan, menentukan tujuan, melaksanakan kegiatan dan mengevaluasi kegiatan.

Musyawarah kerja sangatlah penting dan strategis untuk dilakukan karena dalam upaya membangun organisasi dan menentukan kebijakan kearah mana organisasi tersebut akan berjalan. Hal tersebut akan tercermin dari visi dan misinya dalam bentuk program kerja yang akan disusun.

Pada akhirnya, kegiatan Kegiatan Upgrading dan Musyawarah Kerja (Musker) Tahun 2020 Pengurus OSIM, MPK dan Seksi Bidang MAN 2 Banyumas Masa Bakti 2020/2021 ditutup oleh Pembina OSIM, Bapak Fatuddin, M.Pd.I. dengan hasil sekumpulan program kerja MPK, OSIM dan Seksi Bidang untuk setahun yang akan datang.

Kesuksesan suatu organisasi dapat dilihat dari kesolidan dan sinergi antara pengurus inti dengan pengurus harian dan kecakapan dalam menjalankan setiap kegiatan/program kerja  yang telah disusun. (Mufi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts