Blog Post

Kegiatan Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) MAN 2 Banyumas Tahun 2020 Berjalan Dengan Lancar

Kegiatan Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) MAN 2 Banyumas Tahun 2020 Berjalan Dengan Lancar

MAN 2 Banyumas – Purwokerto – Kegiatan Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) MAN 2 Banyumas Tahun 2020 dilaksanakan pada hari Kamis (1/7/2021). Acara dibuka dengan pembinaan oleh Kakankemenag Kabupaten Banyumas Drs. H. Akhsin Aedi, M.Ag.

Acara pembukaan kegiatan PKKM MAN 2 Banyumas Tahun 2020 diawali dengan sambutan Kepala MAN 2 Banyumas Drs. H. Mahmurroji, M.Pd. Dalam sambutannya beliau menyampaikan ucapan selamat datang dan terima kasih kepada Kakankemenag Kabupaten Banyumas, Kasi Penma dan Tim Penilai yang bersedia hadir dalam acara tersebut. Beliau juga menginformasikan bahwa PKKM sebelumnya adalah PKKM 4 tahunan pada bulan Februari 2020 dengan mendapatkan nilai 91 dan Penilaian Akreditasi Madrasah di penghujung tahun 2019 dengan nilai 96 (Predikat A/Unggul). Tidak lupa Beliau menambahkan bahwa ada berkah di masa Pandemi dimana siswa MAN 2 Banyumas di tahun 2021 ini banyak siswanya yang lolos PTN dan mengalami peningkatan melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, POLTEKKES, SPAN-PTKIN DAN UM-PTKIN serta meraih banyak prestasi medali baik emas, perak maupun perunggu di ajang KSMO POSI 2021.

Acara sambutan kedua, Kakankemenag Kabupaten Banyumas Drs. H. Akhsin Aedi, M.Ag. mengawali dengan memanjatkan do’a agar kita semua selalu diberi sehat jasmani dan rohani sehingga mampu beribadah kepada Alloh SWT dengan baik di masa pandemi ini. Dalam sambutan tersebut Kakankemenag Kabupaten Banyumas memberikan pembinaan dengan hal-hal sebagai berikut :

  1. Selalu melaksanakan 5 Nilai Budaya Kerja Kemenag RI yaitu : Integritas, Profesionalitas, Inovasi, Tanggung Jawab dan Keteladanan.
  2. ASN wajib menjadi contoh dalam melakasanakan disiplin dengan protokol kesehatan baik di kantor maupun di masyarakat.
  3. Target MAN 2 Banyumas harus masuk Zona Integritas tahun depan (2022) dan harus didukung oleh semua steak holder dan harus ada kekompakan dari semua pihak.
  4. Pelayanan prima dan punya inovasi adalah ciri khas dari ZI.
  5. ASN dan Keluarga besar MAN 2 Banyumas harus menjadi contoh di masyarakat dalam banyak hal.
  6. MAN 2 Banyumas harus bisa menjadi Madrasah terbaik di Jawa Tengah.

Selanjutnya Kakankemenag juga menandaskan bahwa kegiatan PPKM bukanlah alat untuk mencari suatu kekurangan namun lebih tepat dengan alat untuk intropeksi agar kedepan menjadi lebih baik.

Sedangkan di acara sambutan ketiga Edi Sungkowo, M.Pd. selaku Kasi Penma Kankemenag Kabupaten Banyumas turut memberikan wejangan dengan memberikan masukan positif sebagaimana berikut :

  1. MAN 2 Banyumas harus memiliki Tim Pelayanan Publik yang bisa menangani segala permasalahan dari luar.
  2. akan ada banyak pekerjaan yang harus diselesaikan di awal tahun pelajaran 2021/2022 seperti kegiatan penyusunan KTSP dll.
  3. Segala bentuk prestasi yang diraih MAN 2 Banyumas untuk didokumentasikan dan dipublikasikan melalui ruang publikasi madrasah, website dan juga medsos.

Setelah acara sambutan-sambutan, Pengawas Pendidikan Kankemenag. Kab. Banyumas dan sekaligus sebagai Tim Penilai Drs. Sunaryo memberikan petunjuk teknis dan pembagian tugas penilaian PKKM untuk kelancaran dan kemudahan terkait dengan pelaksanaan penilaian kinerja kepala madrasah tersebut.

Kegiatan PKKM  Tahun 2020 ini berlangsung selama 4 jam dengan lancar bertempat di ruang KBM MAN 2 Banyumas.

Di penghujung acara kegiatan, salah satu Tim Penilai PKKM yaitu Amin Yudhi, M.Pd. memberikan beberapa catatan dan masukan agar kedepan ada perbaikan dan persamaan persepsi untuk kepentingan peningkatan mutu madrasah yang lebih baik meskipun secara keseluruhan sudah baik.

Sebagaimana diamanatkan dalam PMA 58 tahun 2017 dan Juknis Dirjen Pendidikan Islam nomor 1111 tahun 2019, Penilaian Kepala Madrasah meliputi usaha pengembangan madrasah yang dilakukan selama menjabat kepala madrasah, pelaksanaan tugas manajerial, pengembangan kewirausahaan, dan supervisi pada guru dan tenaga kependidikan sesuai standar pendidikan nasional,

Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) adalah proses pengumpulan, pengolahan, analisis, dan interpretasi data tentang kualitas kepala madrasah dalam melaksanakan tugasnya sebagai kepala madrasah. Penilaian ini dilakukan secara berkala dalam periode tahunan (setiap tahun sekali) dan empat tahunan.

Kinerja kepala madrasah, sebagaimana juknis, dinilai berdasarkan 5 komponen penilaian. Kelimanya terdiri atas empat tugas utama kepala madrasah dan ditambah dengan satu komponen tambahan. Sehingga kelimanya meliputi :

  • Usaha pengembangan madrasah,
  • Pelaksanaan tugas managerial
  • Pengembangan kewirausahaan
  • Supervisi kepada guru dan tenaga kependidikan
  • Hasil kinerja kepala madrasah

Empat komponen penilaian tugas utama kepala madrasah dinilai setiap tahun, sedangkan penilaian komponen kelima (hasil kinerja kepala madrasah) dinilai setiap 4 tahun sekali.

Penilaian kinerja tahunan dilaksanakan secara periodik setiap awal tahun dan akhir tahun. Penilaian dilakukan oleh pengawas dengan menggunakan instrument penilaian sebagaimana empat komponen tersebut. (Mufi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts