Blog Post

Tiga Lomba Menantang di Kegiatan Class Meeting Virtual MANDA Banyumas 2021

Tiga Lomba Menantang di Kegiatan Class Meeting Virtual MANDA Banyumas 2021

MAN 2 Banyumas, Purwokerto – Kegiatan Class Meeting MAN 2 Banyumas tahun 2021 telah dilaksanakan pada tanggal 8 – 14 Juni 2021 secara Virtual. Pemenang lomba mendapatkan penghargaan Uang Tunai dari Madrasah dan diserahkan langsung oleh Kepala Madrasah Drs. H. Mahmurroji, M.Pd. pada hari Senin (16/6/2021).

Kegiatan Class Meeting merupakan kegiatan rutin tahunan dan telah menjadi Program Kerja OSIM MAN 2 Banyumas dengan tujuan:
1. Menggalang rasa persatuan dan sportifitas antar kelas dan siswa
2. Meningkatkan kebersamaan antar sesama siswa
3. Mencari bakat siswa-siswi MAN 2 Banyumas
4. Penyegaran setelah belajar menghadapi ulangan semester
5. Meningkatkan kreatifitas siswa

Peserta dari kegiatan tersebut adalah siswa MAN 2 Banyumas kelas X dan XI. Dengan mengusung tema “New Normal, New Spirit”, kegiatan Class Meeting MAN 2 Banyumas tahun ini dilaksanakan dengan tiga jenis lomba menantang, yaitu :
A. Lomba Catwalk
B. Lomba Video Kreasi “Daur Ulang Sampah”
C. Lomba E-Sport Mobile Legends

Menurut Wakil Ketua OSIM MAN 2 Banyumas, Hesti menyatakan bahwa pemilihan tiga cabang lomba tersebut adalah berdasarkan polling atau survey dari peserta didik kelas X dan XI. Hal tersebut tentu berbeda dengan jenis-jenis lomba di tahun sebelumnya dimana jenis lomba memang direncanakan sejak awal tahun pelajaran di program kerja tahunan OSIM MAN 2 Banyumas. Hesti menambahkan bahwa peserta yang merupakan siswa MAN 2 Banyumas menginginkan perlombaan yang lebih menantang sebagai obat terlalu jenuh di era pandemi ini.

Adapun jenis lomba video “Daur Ulang Sampah” adalah sebagai bentuk tindak lanjut partisipasi MAN 2 Banyumas dalam rangka Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tingkat Provinsi Jawa Tengah Tahun 2021 dengan motto “Aksi Jateng Gayeng Telung Ng” Provinsi Jawa Tengah dengan penjelasan sebagai berikut :

1. “Jateng Gayeng Telung Ng”, merupakan gerakan bersama untuk mengelola sampah dengan cara mengurangi (Ngelongi), menggunakan kembali (Nganggo), dan mendaur ulang (Ngolah);
2. Aksi dilaksanakan oleh pelajar Madrasah Aliyah se- Jawa Tengah di lingkungan tempat tinggal masing-masing;
3. Aksi “Jateng Gayeng Telung Ng” agar dapat diunggah pada media sosial Instagram masing-masing pelajar pada tanggal 4-13 Juni 2021, disertai tagging ke akun sekolah, akun Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah, dan akun Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Jawa Tengah (@dlhkprovjateng), dan wajib menuliskan hastag #JatengGayengTelungNg dalam postingan.

Selanjutnya Kepala MAN 2 Banyumas Drs. H. Mahmurroji juga memberikan tantangan kepada siswa-siswi MAN 2 Banyumas untuk terus berpikir kreatif dan inovatif. Bila perlu mampu menciptakan atau mengembangkan sumber energy terbarukan seperti Tenaga Air (Hidropower), Energy Matahari (Solar Power) dan Energy Angin (Wind Power). Beliau menyampaikan hal tersebut setelah menyerahkan hadiah uang tunai dan Piagam kepada masing-masing pemenang lomba.

Berikut adalah hasil dari perlombaan dalam rangka Class Meeting MAN 2 Banyumas Jeda Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021 :

A. LOMBA CATWALK
• JUARA 1 Nabila Rahmadhani X ipa 5
• JUARA 2 Lifit Merlita Misnah Putri XI ips 1
• JUARA 3 Marsha gita Aurelia XI agama 1

B. LOMBA VIDIO KREASI “DAUR ULANG SAMPAH”
• JUARA 1 Tri Via X ipa 6
• JUARA 2 Zafs Afifah Putri X ipa 5
• JUARA 3 Adiska Nur Anggraeni X Agama

C. E-Sport Mobile legends
• JUARA 1 : XI IPA 3
• JUARA 2 : X IPS 5
• JUARA 3 : XI IPA 6

Classmeeting adalah kegiatan sekolah/madrasah yang mempertemukan antar kelas dalam berbagai pertandingan dan perlombaan. Class meeting ini biasanya dilaksanakan untuk mengisi waktu luang antara selesai ujian semester akhir tahun dan pembagian raport.

Sebagaimana tercantum dalam Lampiran Peraturan Kemendikbud RI Nomor 4 Tahun 2015 bahwa salah satu tugas pembinaan OSIS/OSIM adalah mengkoordinasikan berbagai kegiatan ekstrakurikuler dan class meeting.

Selamat buat pengurus OSIM atas kerja kerasnya dan sampai jumpa lagi pada kegiatan Class Meeting di tahun depan. (Mufi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts