Blog Post

“Bergerak Dalam Keterbatasan” pada Kegiatan Longmarch dan Pelantikan Calon Penegak Bantara ASKDM MAN 2 Banyumas Tahun 2021

“Bergerak Dalam Keterbatasan” pada Kegiatan Longmarch dan Pelantikan Calon Penegak Bantara ASKDM MAN 2 Banyumas Tahun 2021

MAN 2 Banyumas, Purwokerto, Gerakan Pramuka Ambalan Sunan Kalijaga dan Dewi Masitoh MAN 2 Banyumas sukses menyelenggarakan kegiatan Longmarch dan Pelantikan Calon Penegak Bantara Tahun 2021 pada hari ini, ahad (13/6/2021).

Kegiatan Longmarch dan Pelantikan Calon Penegak Bantara merupakan kegiatan rutin tahunan dan telah menjadi Program Kerja Tahunan Gerakan Pramuka ASKDM MAN 2 Banyumas. Kegiatan kali ini dilaksanakan dengan penuh pertimbangan karena bertepatan dengan masa Pandemi Covid-19 sehingga kegiatan harus melalui prokes dan menerapkan 5 M.

Dengan mengusung tema “Bergerak Dalam Keterbatasan”, kegiatan tersebut dilaksanakan dengan penuh kesadaran dan penghayatan akan makna dari suatu “keterbatasan” dan belajar mencari “solusi” dari segala permasalahan.

Kegiatan Longmarch dan Pelantikan Calon Penegak Bantara tahun ini diikuti oleh 45 peserta di awal rencana dan setelah melalui seleksi kesehatan ternyata hanya 30 siswa saja yang bisa terseleksi dan siap melaksanakan kegiatan yang terdiri dari 11 laki-laki dan 19 perempuan.

Kegiatan diawali dengan apel pagi yang dipimpin oleh Asyrof Eling Anjagi selaku Pradana Putra ASKDM pada pukul 07.00 wib dan dilanjutkan dengan kegiatan Longmarch Perjalanan yg ditempuh ±18 Km dengan rute : Start MAN 2 Banyumas – Mersi – Desa Bojongsari – Arcawinangun – MAN 2 Banyumas.

Dalam perjalanan Longmarch Peserta wajib menjalani 6 POS keterampilan Pramuka yang terdiri dari PBB, Semaphore, Morse, Pionering, dan Pengetahuan seputar kepramukaan. Waktu istirahat bertepatan dengan melaksanakan Sholat Dzuhur di Masjid Assalam Arcawinangun pada pukul 12.00 wib. Peserta kegiatan Longmarch menyelesaikan perjalanan dan kembali ke pangkalan pada pukul 14.30 wib dengan lancar dan selamat.

Selanjutnya kegiatan Longmarch dan Pelantikan Calon Penegak Bantara ditutup oleh Pembina Utama ASKDM, Bapak Dakhirin, S.Pd. sekaligus melantik Calon Penegak Bantara tersebut. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa kita sebagai pangkalan tertua di Kabupaten Banyumas harus bisa menjadi teladan dan bisa menjadi kiblat baik itu dalam hal sikap, mental, maupun aktifitas yg mencerminkan kebaikan serta mengamalkan Dasa Dharma yang 10 dan Tri Satya yang 3.

Gerakan Pramuka Ambalan Sunan Kalijaga dan Dewi Masitoh merupakan ambalan pertama di kabupaten Banyumas dengan nomer registrasi 02.0001 dan 02.0002. Adapun kegiatan gerakan kepramukaan ambalan ini adalah ikut berpartisipasi dalam mewadahi sumber daya potensial melalui latihan-latihan dan perlombaan yang dapat menumbuhkan dan meningkatkan keterampilan, pengetahuan, serta wawasan mereka untuk mengatasi pembangunan sehingga dapat membantu pemerintah dalam membentuk kader dalam pembangunan yang berjiwa pancasila dan sanggup serta mampu menyelenggarakan pembangunan masyarakat, bangsa, dan negara di masa yang akan datang. (Mufi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts