Blog Post

Vaksinasi Covid-19 Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan MAN 2 Banyumas Dilaksanakan pada Malam Hari

Vaksinasi Covid-19 Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan MAN 2 Banyumas Dilaksanakan pada Malam Hari

MAN 2 Banyumas, Purwokerto – Sebanyak 112 orang Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan MAN 2 Banyumas telah melaksanakan kegiatan Vaksinasi Covid-19 pada hari Selasa malam, 4 mei 2021 di Puskesmas Purwokerto Timur I.

Kegiatan Vaksinasi-19 ini adalah bentuk dari tindak lanjut Surat Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banyumas kepada Puskesmas Purwokerto Timur I dalam rangka persiapan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Tahap II di Kabupaten Banyumas di mana MAN 2 Banyumas masuk dalam Daftar Satuan Pendidikan SMP, MTs, SMA, SMK dan MA Provinsi Jawa Tengah sebagai pelaksana uji coba Pembelajaran Tatap Muka Tahap II di masa pandemi Covid-19. Hal tersebut sebagaimana tertera dalam Surat Keputusan Sekda Provinsi Jawa Tengah Nomor : 421.7/851/2021.

Sehari sebelum pelaksanaan kegiatan vaksinasi, Kepala Tata Usaha MAN 2 Banyumas Bapak Nuridin, M.Pd.I. telah mengirimkan berita hasil koordinasi dengan pihak Puskesmas Purwokerto Timur I melalui Whatapp. Group MAN 2 Banyumas yang menjelaskan bahwa ada beberapa katagori kelompok yang diperbolehkan untuk tidak ambil bagian dalam vaksinasi yaitu :

  1. Calon Jemaah haji yang sudah divaksin
  2. Orang yang sudah mendapat Surat Rekomendasi dokter unutk tidak ikut divaksin.

Diluar 2 kententuan tersebut seluruh Tenaga Pendidik dan Tenaga Pendidikan MAN 2 Banyumas hadir ke Puskesmas Purwokerto Timur I. Sedangkan kepastian atau tidaknya divaksin ditentukan oleh Petugas dari Puskesmas tersebut.

Sementara itu di sela-sela kegiatan Rapat Koordinasi Panitia Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) pada hari Selasa, 4 Mei 2021, Kepala MAN 2 Banyumas Bapak Drs. H. Mahmurroji M.Pd.I. ikut mengajak dan menekankan betapa pentingnya vaksinasi Covid-19 ini kepada seluruh Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan MAN 2 Banyumas. Beliau menyampaikan bahwa kita harus bersyukur karena madrasah kita mendapatkan vaksinasi lebih awal sehingga lebih memungkinkan untuk bisa mengikuti kegiatan Pembelajaran Tatap Muka (PTM). Vaksinasi juga efektif untuk mengatasi pandemic Covid-19 dan memutuskan rantai penyebarannya.

Kegiatan vaksinasi Covid-19 di Puskesmas Purwokerto Timur I dimulai pukul 19.30 sampai 21.30 WIB. Turut hadir pula dalam kesempatan tersebut Kepala MAN 2 Banyumas dengan nomor urut antrian 42. Jumlah Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan MAN 2 Banyumas yang divaksin sejumlah 114 dari 118 orang. Sedangkan 4 orang lainnya telah divaksin lebih dahulu untuk kepentingan persyaratan menunaikan ibadah Haji.

Vaksinasi adalah suatu proses untuk memasukkan vaksin ke dalam tubuh, bisa dengan cara disuntikkan atau diteteskan. Setelah masuk, tubuh akan bereaksi membentuk sistem kekebalan atau imun dengan menghasilkan antibodi sehingga akhirnya bisa melawan virus penyebab COVID-19 kalau sampai suatu saat tertular.

Pemberian vaksin merupakan upaya yang dinilai paling efektif untuk mengatasi pandemi Covid-19. Vaksinasi dilaksanakan untuk melengkapi upaya pencegahan penyakit Covid-19, seperti memakai masker, mencuci tangan, juga menjaga jarak dan menghindari kerumunan. Vaksin Covid-19 dapat memicu sistem imunitas tubuh untuk melawan virus Corona. Banyak manfaat yang diperoleh dalam vaksinasi Covid-19 ini diantaranya menurunkan angka kematian akibat Covid-19, mendorong terbentuknya herd immunity, meminimalkan dampak ekonomi dan sosial. (Mufi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts