Blog Post

KEGIATAN HARI KARTINI TAHUN 2021 MAN 2 BANYUMAS DILAKSANAKAN SECARA VIRTUAL

KEGIATAN HARI KARTINI TAHUN 2021 MAN 2 BANYUMAS  DILAKSANAKAN SECARA VIRTUAL

MANDAMAS News, Purwokerto 19/04/2021 – Organisasi Siswa Intra Madrasah (OSIM) MAN 2 Banyumas melalui Seksi Bidang Seni dan Budaya telah melaksanakan kegiatan Peringatan hari Kartini Tahun 2021 secara virtual.

Kegiatan dalam rangka Hari Kartini ini dilaksanakan mulai tanggal 17 – 26 April 2021 dalam bentuk lomba dan bakti sosial. Cabang lomba yang dilaksanakan meliputi :

  1. Lomba Citra Figur kartini
  2. Lomba Cipta Baca Puisi
  3. Lomba News Anchor
  4. Lomba Collage Handcrafting

Seluruh lomba dilaksanakan secara virtual dengan teknis peserta mengirimkan hasil lomba masing-masing dalam bentuk file foto ataupun video ke panitia pelaksana dan selanjutnya diserahkan ke juri lomba.

Peserta dari kegiatan lomba adalah perwakilan kelas X dan XI yang telah ditunjuk oleh masing-masing kelas. Pemenang dari masing-masing cabang lomba diambil 3 pemenang terbaik. Bertindak sebagi juri lomba adalah guru-guru yang ahli di bidangnya.

Kegiatan pembuatan karya lomba tersebut dilaksanakan pada tanggal 19 – 21 April 2021. Batas waktu pengumpulan karya lomba pada tanggal 22 April 2021. Masa penjurian pada tanggal 23 – 24 April 2021 dan pengumuman pemenang pada tanggal 25 April 2021. Hadiah lomba diserahkan secara langsung kepada pemenang oleh Kepala Madrasah di madrasah pada tanggal 26 April 2021.

Adapun untuk kegiatan bakti sosial adalah dalam bentuk distribusi Ta’jil kepada masyarakat dhu’afa sekitar Madrasah seperti tukang becak dan tukang parkir sebagai tali asih. Di sela-sela tempat kerja panitia kegiatan, Pembina OSIM Bapak Hayat Fathuddin, M.Pd.I menjelaskan, “bagaimanapun peserta didik MAN 2 Banyumas telah bersosialisasi dengan masyarakat sekitar selama ini. Wajar bila kita juga harus peduli dengan mereka sebagaimana mereka memperhatikan kita.” Kegiatan distribusi Ta’jil dilaksanakan pada tanggal 21 April 2021 bertepatan dengan Hari Kartini.

Tidak bisa dipungkiri bahwa masa pandemi ini memang membatasi segala ruang dan gerak dalam bersosialisasi. Namun, terkait dengan sejarah tidaklah boleh dilupakan begitu saja. Sebagaimana Hari Kartini yang telah ditetapkan menjadi pahlawan nasional juga harus diperingati. Ada banyak cara kreatif untuk memperingatinya agar sejarah tidak terputus di tengah jalan.

Adapun hasil kegiatan adalah pemenang lomba sebagaimana berikut :

Juara Lomba Collage Handcrafting
1.Bunga Rosalina Aryanti (XI IPA 1)
2. Muhammad Fu’ad Muhtadi (XI Agama 1)
3. Salma Brilianti (X IPS 3)

Juara Lomba Cipta baca puisi
1. Raida Sulistiya (X agama 1)
2. Retno Arum Safitri ( X IPA 2)
3. Afiati Aris Rahmawati (XI IPA 6)

Juara Lomba NEWS ANCHOR
1. Nida Nabilah Fatin (XI ips 6)
2. Ciptady Wisnu ( X ipa 5)
3. Zafa Lutfia Meilani (X ipa 6)

Juara Lomba Citra Figur Kartini
1. (XI IPA 2)
2. ( X ipa 3)
3. (X ips 3)

Selamat buat pemenang lomba yang telah berkreasi. Hadiah uang tunai dan piagam yang telah digenggam adalah bagian kecil saja dari usaha. Namun yang lebih penting lagi adalah menghayati makna dari perjuangan R.A. Kartini itu sendiri dan memperjuangkan dalam bentuk nyata.  (Mufi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts