Blog Post

KREASI KEGIATAN PESANTREN RAMADHAN 1442 H MAN 2 BANYUMAS DI ERA PANDEMI COVID-19

KREASI KEGIATAN PESANTREN RAMADHAN 1442 H MAN 2 BANYUMAS DI ERA PANDEMI COVID-19

MANDAMAS News, Purwokerto 19/04/2021 – MAN 2 Banyumas menyelenggarakan kegiatan Amaliyah Ramadhan, salah satunya adalah kegiatan Pesantren Ramadhan pada tahun 2021 atau bertepatan dengan tahun 1442 Hijriyah secara virtual. Kegiatan tersebut merupakan realisasi dari Program Kerja Madrasah dan juga Program Kerja Pembinaan Bidang Kesiswaan MAN 2 Banyumas tahun 2021 selama Pandemi Covid-19.

Peserta dari kegiatan Pesantren Ramadhan 1442 H kali ini adalah Guru, Karyawan dan Peserta Didik MAN 2 Banyumas Kelas X, XI dan XII. Sebagai panitia pelaksana kegiatan adalah dari organisasi OSIM melalui Seksi Bidang Ketakwaan dan Budi Pekerti Luhur yang diwakilkan oleh Rohis Al Fath MAN 2 Banyumas dengan pendampingan dari Pembina Rohis dan Jam’iyatul Qurra wal Huffadz MAN 2 Banyumas dan Panitia Madrasah.

Kegiatan dilaksanakan secara virtual dan disiarkan secara langsung mulai tanggal 26 April sampai dengan 30 April 2021 melalui akun Youtube Seni Mandamas sehingga bisa diikuti oleh 120 Guru/Karyawan dan 1600 peserta didik di rumah masing-masing.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, kegiatan Pesantren Ramadhan kali ini terpaksa dilaksanakan secara virtual. Hal ini terjadi karena adanya Pandemi Covid-19 yang tidak memungkinkan berkumpulnya peserta didik di waktu dan tempat yang sama di madrasah. Berbagai cara dan teknis dirumuskan dengan kreatif oleh panitia pelaksana agar kegiatan tersebut bisa sukses dan makna dari amaliyah ramadhan tercapai.

Kegiatan Pesantren Ramadhan 1442 H ini dibuka secara langung oleh Kepala MAN 2 Banyumas Drs. H. Mahmurroji, M.Pd. pada hari ini Senin, 26 Mei 2021 pukul 09.00 WIB. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa kegiatan Pesantren Ramadhan secara Virtual ini semoga bisa dinikmati oleh seluruh civitias akademika MAN 2 Banyumas di manapun berada. Meskipun Pesantren Ramadhan dilaksanakan secara virtual namun Peserta didik kelas X, XI dan XII serta guru dan karyawan MAN 2 Banyumas hendaknya tetap manjaga kesehatan terutama selama covid-19 berlangsung.

Setelah kegiatan pembukaan dilanjutkan dengan materi I, yaitu Motivasi Generasi Qur’ani yang dibimbing oleh ibu Hj. Umu Kulsum, M.Pd.I. secara live streaming via Youtube Seni Mandamas. Sampai berita ini diturunkan kegiatan masih berjalan dengan lancar.

Secara umum tujuan dari kegiatan Pesantren Ramadhan adalah :

  1. Meningkatkan pemahaman, penghayatan, dan pengamalan siswa tentang ajaran agama Islam sehingga menjadi manusia muslim yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT. serta berakhlak mulia dalam kehidupan pribadi, bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara;
  2. Memperdalam, memantapkan, dan meningkatkan penghayatan ajaran agama Islam khususnya tentang keimanan, ibadah, akhlak, dan Al quran;
  3. Menerapkan dan mengamalkan ajaran Islam dam kehidupan sehari-hari dalam rangka membentuk mental spiritual yang tangguh, kokoh, dan mampu menghadapi tantangan-tantangan negatif, baik yang datang dari dirinya pribadi maupun dari luar dirinya.

Agenda kegiatan Amaliyah Ramadhan 1442 H kali ini adalah dalam bentuk sebagi berikut :

  1. Pesantren Ramadhan ( Live Streaming ) oleh Pemateri dibidangnya dengan jadwal tema :
  • Motivasi Generasi Qur’ani
  • Sirrah Nabawiyyah
  • Ta’lim Muta’allim
  • Metodologi Dakwah Islam
  • Tahsin dan Tahfidz
  • Kajian Nuzulul Qur’an
  • Fiqh Ramadhan
  • Aqidah Islam
  1. Tadarrus Al Qur’an
  2. Sholat Dhuha
  3. Sholat Dzuhur Berjamaah
  4. Khotmil Qur’an
  5. Peringatan Nuzulul Qur’an
  6. Bakti Sosial (Peduli TPQ) di lokasi yang telah ditentukan
  7. Mabit (Malam Bina Iman dan Taqwa)
  8. Buka Bersama

Selama kegiatan berlangsung, wali kelas berperan aktif dalam memantau peserta didiknya dalam bentuk daring melalui aplikasi Youtube, Whatapps. dan Google form untuk keperluan kehadiran.

Sehari sebelum kegiatan Pesantren Ramadhan, unit organisasi Rohis Al Fath MAN 2 Banyumas juga telah melaksanakan program kegiatan Mabit dan Bakti Sosial  TPQ di beberapa masjid. Anggota Rohis yang diterjunkan telah dibekali dengan pemahaman Tilawati dan telah berkoordinasi dengan pengurus TPQ di masjid tersebut sebelumnya.

 

Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama berkasnya adalah WhatsApp-Image-2021-04-26-at-2.13.19-PM-1-1-1024x473.jpeg

Hasil dari kegiatan diharapkan peserta didik MAN 2 Banyumas mampu melaksanakan seluruh rangkaian kegiatan dan menyusun laporan kegiatan dalam bentuk print out ringkasan materi sebagai bagian dari penilaian aspek spiritual.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts