Blog Post

Kegiatan Pemantapan Anggota PMR Wira MAN 2 Banyumas Tahun 2021 dilaksanakan dengan ASIK

Kegiatan Pemantapan Anggota PMR Wira MAN 2 Banyumas Tahun 2021 dilaksanakan dengan ASIK

Semangat di masa Pandemi Covid-19 dengan cara mengisi kegiatan yang baik adalah salah satu energi positif agar tetap sehat dan kuat sekaligus imun alami agar visi dan misi hidup tidak hilang.

PMR Wira MAN 2 Banyumas sukses melaksanakan Kegiatan “Pemantapan Anggota PMR Wira MAN 2 Banyumas Tahun 2021 dengan ASIK pada hari Sabtu, 27 Maret 2021.” Makna ASIK disini sebenarnya adalah singkatan dari Aktif, Solutif, Inisitatif dan Kreatif. Tentu hal ini berkaitan dengan sikap positif dalam berorganisasi agar visi dan misi bisa tercapai dengan indikator mampu melaksanakan program kegiatan yang telah direncanakan dengan baik dan lancar.

Kegiatan Pemantapan Anggota PMR Wira MAN 2 Banyumas merupakan kegitan rutin tahunan dan telah terprogram di awal tahun dengan tujuan memantapkan anggota kelas X PMR Wira MAN 2 Banyumas sekaligus mengakrabkan antar anggota, pengurus dan Pembina.

Bentuk kegiatan Pemantapan Anggota PMR Wira MAN 2 Banyumas adalah

  1. pemberian materi Doras oleh PMI dan materi kepemimpinan,
  2. pentas seni.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Wakamad. Bidang Kesiswaan, Bapak Drs. Tun Fahmi Afif di sela-sela pembacaan 7 Prinsip Palang Merah, pembacaan Tri Bakti, dan pembacaan Janji PMR. Tempat kegiatan untuk pematerian berada di Aula atas sedangkan untuk kegiatan lain di lapangan tengah MAN 2 Banyumas.

Salah satu hal yang menarik dalam kegiatan ini adalah tersedianya 3 hadiah untuk 3 katagori acara, yaitu :

  1. hadiah untuk anak-anak yang bisa menjawab soal kuis,
  2. hadiah lomba pentas seni,
  3. hadiah berupa penghargaan kepada anak yang aktif pada acara pemantapan, aktif dalam kegiatan eskul PMR, dan hadiah untuk anak yang friendly.

Peserta dari kegiatan ini adalah anggota baru dengan jumlah 43 siswa yang tergabung dalam Butterfly Team. Butterfly Team adalah nama lambang dari PMR Wira MAN 2 Banyumas yang berarti siap terbang dan bergerak dengan ringan ke tempat-tempat yang membutuhkan bantuan terkait kemanusiaan. Bentuk Butterfly yang simetris dan seimbang serta semua corak warnanya yang selalu indah menjadi filosofi hidup dalam organisasi. Kontruksi dan siklus kehidupannya yang terlihat mata telanjang merupakan lambang regenerasi yang mengagumkan dan tak pernah mati serta memiliki sifat kesemestaan yang merupakan salah satu Prinsip Dasar Gerakan PMI dan Bulan Sabit Merah Internasional.

Kegiatan Pemantapan Anggota PMR Wira MAN 2 Banyumas Tahun ini berlangsung dengan lancar dan tetap mematuhi Protokol medis Covid-19.

Palang Merah Remaja atau PMR adalah suatu organisasi kepemudaan binaan dari Palang Merah Indonesia (PMI) yang berpusat di sekolah-sekolah ataupun kelompok-kelompok masyarakat ( sanggar, kelompok belajar, dll ) dan bertujuan memberitahukan pengetahuan dasar kepada siswa sekolah dalam bidang yang berhubungan dengan kegiatan kemanusiaan.

Pembinaan dan Pengembangan PMR dari PMI sangatlah penting dengan tujuan :

  • Penguatan kualitas remaja dan pembentukan karakter.
  • Anggota PMR sebagai contoh dalam berperilaku hidup sehat bagi teman sebaya.
  • Anggota PMR dapat memberikan motivasi bagi teman sebaya untuk berperilaku hidup sehat.
  • Anggota PMR sebagai pendidik remaja sebaya.
  • Anggota PMR adalah calon relawan masa depan.

_(Mufi)_

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts