Blog Post

Kegiatan Glapaskara dan Kegiatan Diklat Administrasi Ambalan Sunan Kalijaga dan Dewi Masitoh Tahun 2021 dilaksanakan Pada Saat Bersamaan

Kegiatan Glapaskara dan Kegiatan Diklat Administrasi Ambalan Sunan Kalijaga dan Dewi Masitoh Tahun 2021 dilaksanakan Pada Saat Bersamaan

Gerakan Pramuka Ambalan Sunan Kalijaga dan Dewi Masitoh Pangkalan MAN 2 Banyumas menyelenggarakan 2 kegiatan dalam satu waktu pada hari Selasa, 23 Maret 2021 mulai pukul 08.00 s.d. 14.00 WIB. Kegiatan tersebut adalah Kegiatan Glapaskara dan Kegiatan Diklat Administrasi. Penggabungan kegiatan tersebut dilaksanakan untuk penghematan waktu dalam rangka pelaksanaan program kerja agar dapat menyesuaikan pada program kerja yang sudah direncanakan sehingga kegiatan  bisa terselesaikan sesuai dengan target awal. Tidak bisa dipungkiri bahwa Pandemik Covid-19 menyebabkan seluruh kegiatan yang telah terpogram tidak bisa berjalan dengan sesuai rencana. Untuk itu dibutuhkan penghematan waktu dan jeli membaca situasi untuk membuat reschedule atau penjadwalan ulang agar kegiatan bisa berjalan sesuai rencana dalam program 1 tahun.

Peserta Kegiatan Glapaskara dan Kegiatan Diklat Administrasi Ambalan Sunan Kalijaga dan Dewi Masitoh Tahun 2021 adalah dari Sangga inti sejumlah 20 anak dan Glapaskara 19 orang. Peserta dan waktu kegiatan memang harus dibatasi karena menyesuaikan protokol medis Covid-19. Hal ini tentu berbeda dengan teknis pelaksanaan pada tahun-tahun sebelumnya.

Dengan mengusung Tema “Scouts of The Forefront” dan Motto “Satyaku Ku Darmakan, Darmaku Ku Baktikan” kegiatan Glapaskara dan kegiatan Diklat Administrasi Ambalan Sunan Kalijaga dan Dewi Masitoh Tahun 2021 bertujuan untuk :

  1. Meningkatkan Ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  2. Membentuk karakteristik anggota PASKARA yang baru.
  3. Menambah pengetahuan tentang administrasi Ambalan.

Adapun agenda kegiatan adalah sebagaimana berikut :

A. Kegiatan GLAPASKARA

  1. Pematerian Jurnalistik
  2. Cek Perkap
  3. Fisik
  4. Latihan Pengibaran
  5. Pencarian Tiska
  6. Pengukuhan

B. Kegiatan Diklat Administrasi

  1. Pematerian Jurnalistik
  2. Pematearian Administrasi Gudep
  3. Pematerian Proposal dan LPJ

Kegiatan Glapaskara dan Kegiatan Diklat Administrasi Ambalan Sunan Kalijaga dan Dewi Masitoh Tahun 2021 ini dibuka oleh Pembina Pramuka Bapak Deni Firman Suprayogo, S.Pd. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa hendaknya setiap anggota Pramuka Ambalan Sunan Kalijaga dan Dewi Masitoh tidak boleh mengabaikan kepentingan utama sebagai seorang siswa yaitu tetep fokus di kegiatan belajar mengajar dan memperoleh pengetahuan dengan maksimal meskipun kegiatan kepramukaan tetap penting untuk melatih kecakapan hidup.

Setelah acara pembukaan, kegiatan langsung dilanjutkan dengan kegiatan materi. Salah satu pemateri kegiatan kali ini adalah Syafik Nur Prasetyo yang juga mantan anggota Gerakan Pramuka Sunan Kalijaga Pangkalan MAN 2 Banyumas yang sekarang aktif di Jurnalistik Pramuka Cabang Banyumas. Dengan pengalaman Syafik yang pernah menjadi penggerak Ambalan Sunan Kalijaga dan juga keahlian jurnalistik sekarang ini di cabang Banyumas  diharapkan mampu memberikan pencerahan dan jembatan ilmu pengetahuan adik-adik kelasnya agar program kegiatan organisasi berjalan lancar sampai di akhir periode.

Sampai berita ini diturunkan, kegiatan masih berjalan dengan baik dan lancar. Selamat buat organisasi Gerakan Pramuka Ambalan Sunan Kalijaga dan Ambalan Dewi Masitoh Pangkalan MAN 2 Banyumas. Dengan semangat “Pioneer Progress, Pioneer Inspiration in Pandemic Era”, Gerakan Pramuka Ambalan Sunan Kalijaga dan Ambalan Dewi Masitoh tetap kreatif dan produktif meski di era pandemi Covid-19.

Tugas pokok Gerakan Pramuka adalah untuk melaksanakan pendidikan bagi kaum muda di lingkungan luar sekolah. Pendidikan ini untuk melengkapi pendidikan di lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah. Pendidikan tersebut dimaksudkan untuk mencapai tujuan Gerakan Pramuka.

Adapun tujuan Gerakan Pramuka adalah untuk membentuk setiap Pramuka agar menjadi pribadi yang beriman, bertakwa, memiliki akhlak yang mulia, mempunyai jiwa patriotik, taat terhadap hukum, dan disiplin. Selain itu juga pribadi yang menjunjung tinggi nilai keluhuran bangsa Indonesia, serta memiliki dan menguasai kecakapan hidup. Dengan itu semua diharapkan menjadi kader bangsa yang mampu menjaga dan membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia, sekaligus mengamalkan Pancasila, dan melestarikan lingkungan hidup.

(Mufi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts