Blog Post

Kegiatan MATSAMA dan SUA Tahun Pelajaran 2021/2022 MAN 2 Banyumas Dilaksanakan Secara Virtual

Kegiatan MATSAMA dan SUA Tahun Pelajaran 2021/2022 MAN 2 Banyumas Dilaksanakan Secara Virtual

MAN 2 Banyumas, Purwokerto – Kegiatan MATSAMA dan SUA Virtual MAN 2 Banyumas Tahun Pelajaran 2021/2022 dilaksanakan 3 hari dan telah ditutup oleh Kepala MAN 2 Banyumas Drs. H. Mahmurroji, M.Pd. pada hari Rabu (14/7/2021).

Kegiatan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) dan Salam Ukhuwah Al Awwal (SUA) merupakan kegiatan masa orientasi pengenalan lingkungan peserta didik baru. Kegiatan tersebut telah menjadi kegiatan rutin yang selalu dilaksanakan pada setiap awal tahun pelajaran baru dan telah menjadi Program Kerja Madrasah di Bidang Kesiswaan.

Kegiatan MATSAMA dan SUA tahun ini dilaksanakan mulai hari Senin, 12 Juli s.d. Rabu, 14 Juli 2021 dan dilaksanakan secara virtual melalui akun resmi Youtube Seni Mandamas dan belum bisa dilaksanan secara tatap muka karena pandemi Covid-19. Peserta dari kegiatan tersebut adalah seluruh peserta didik baru MAN 2 Banyumas Tahun Pelajaran 2021/2022 dengan jumlah 536 peserta.

Adapun Teknis pelaksanaan dan informasi  kegiatan telah disampaikan sebelumnya kepada seluruh peserta didik baru melalui aplikasi Whatapp. Group MIPA, IPS dan Keagamaan untuk memastikan kegiatan bisa berlangsung lancar. Selanjutnya seluruh peserta didik baru bisa menyaksikan seluruh rangkaian kegiatan dari rumah masing-masing dan melakukan konfirmasi kehadiran di setiap sesi.

Kegiatan diawali dengan sambutan pembukaan oleh Kepala MAN 2 Banyumas Drs. H. Mahmurroji, M.pd. pada hari Senin (12/7/2021). Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa tujuan dari pelaksanaan dari kegiatan MATSAMA ini adalah :

  1. Mengenalkan lingkungan, nilai dan karakter khusus madrasah kepada para peserta didik baru, agar selama proses pembelajaran dapat tercipta rasa aman dan nyaman bagi mereka untuk mengembangkan seluruh potensi diri dan kemampuannya.
  2. Menumbuhkan kultur dan jiwa bangga kepada para peserta didik baru untuk belajar bersama dan mencintai serta menjaga nama baik almaternya.
  3. Menanamkan dan memperkuat nilai-nilai moderasi beragama dan karakter keIndonesia-an kepada para peserta didik baru.

Dalam sambutan tersebut beliau juga menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada orang tua/wali peserta didik baru yang telah mempercayakan putra-putrinya untuk belajar di MAN 2 Banyumas.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemberian materi MATSAMA dengan mengacu pada buku Panduan MATSAMA Tahun 2021 yang dikeluarkan oleh Dirjend. Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia dengan materi sebagai berikut :

Kemadrasahan (hari ke-1) :

  1. Sejarah Madrasah
  2. Peserta Didik, Tata Tertib, Struktur, Tenaga Pendidik dan Kependidikan
  3. Jurusan/Konsentrasi
  4. KBM (Metode/Model Pembelajaran Kegiatan Rutin)
  5. Kegiatan Organisasi Kesiswaan
  6. Prestasi dan Alumni

Karakter Moderasi Beragama dan Kebangsaan (hari ke-2):           

  1. Ukhuwah Islamiyah
  2. Ukhuwah Basyariyah
  3. Ukhuwah Wathoniyah
  4. Bernalar Kritis
  5. Berjiwa Kompetitif

Materi Khusus (hari ke-3) :           

Program Keterampilan MAN 2 Banyumas

Adapun pemateri dari kegiatan tersebut adalah Guru MAN 2 Banyumas yang sesuai dengan bidangnya masing-masing.

Disamping materi tersebut, panitia kegiatan juga menambahkan materi lokal yaitu materi Narkoba/NAPZA dan materi “ROOM TOUR & DEMO ORGANISASI”.

Sebelum kegiatan MATSAMA dan SUA ini berjalan, MAN 2 Banyumas telah menjalin kerjasama dengan pihak BNN Kab. Banyumas dan diberi izin untuk menyiarkan video Edukasi Narkoba di kegiatan tersebut. Selanjutnya, Sub Koordinator pencegahan BNN Kabupaten Banyumas, Wicky Sri Erlangga, S.Sos, M.Si melalui sambungan telepon ikut menyampaikan pesan-pesan penting kepada peserta didik baru MAN 2 Banyumas.

Dalam pesannya beliau memberikan nasehat bahwa peserta didik baru MAN 2 Banyumas harus menjadi remaja yang tegar menuju masa depan. Jangan penasaran dan tergoda untuk mencoba narkoba, pergaulan bebas dan hal negatif apapun lainnya. Narkoba ibarat api, membakar dan merusak.. kalau sudah tahu api narkoba itu membakar dan merusak apakah masih harus dipegang dan dicoba, selau fokus pada studi, profesi dan. Berani menolak bila ada yang menawari narkoba, milikilah lingkungan pergaulan yang sehat dan kegiatan positif di luar sekolah (olahraga, seni dan kepemudaan) agar terlindungi dari bahaya narkoba. Sadari bahaya narkoba di lingkungan kita, milikilah pola hidup sehat dan kegiatan produktif maka kita akan bisa hidup bahagia tanpa narkoba.

Sedangkan untuk materi tambahan terakhir adalah “ROOM TOUR & DEMO ORGANISASI”.  Materi tersebut disusun dalam bentuk video yang disusun oleh pengurus OSIM dan 14 unit organsiasinya yang disiarkan melalui instagram OSIM MAN 2 Banyumas. Wakil Ketua OSIM Hesti menyampaikan bahwa masa pandemi Covid-19 yang berkepanjangan memaksa pelajar belajar dengan virtual. Akibatnya banyak siswa baru yang bahkan tidak pernah tahu bagaimana bentuk kelas belajarnya, kantin, koperasi, masjid, laboratorium dan fasilitas lainnya. Sebagi penghibur dan agar selalu merasa memiliki madrasahnya, OSIM dan unit organisasi lainya berinisiatif ikut memberikan suatu gambaran real dalam bentuk penayangan video yang menggambarkan fasilitas-fasilitas madrasah dan kegiatan-kegiatan organisasi yang bisa dijalankan di dalamnya. Di sisi yang lain, materi DEMO ORGANISASI juga memberikan gambaran umum kepada peserta didik baru yang ingin mengembangkan potensi bakat dan minatnya dalam bidang eskul.

Pada akhirnya, Kegiatan MATSAMA dan SUA Tahun Pelajaran 2021/2022 ditutup oleh Kepala MAN 2 Banyumas secara virtual melalui akun Youtube Seni Mandamas pada hari Rabu (14/7/2021). Dalam sambutannya beliau menyampaikan ucapan terima kasih yang tak terhingga kepada panitia pelaksana, pemateri dan peserta yang ikut berpartisipasi dan mendukung kegiatan tersebut. Tidak lupa beliau juga menyampaikan semoga kegiatan ini akan menjadi awal yang baik bagi kita semua dalam rangka melaksanakan amanat UUD 1945 yang sesuai dengan TUJUAN PENDIDIKAN NASIONAL yaitu mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa serta berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. (Mufi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts