Blog Post

Distribusi Hewan Kurban MAN 2 Banyumas ke 11 MTs/SMP pada Idul Adha 1442 H. / 2021 M. berjalan Lancar

Distribusi Hewan Kurban MAN 2 Banyumas ke 11 MTs/SMP pada Idul Adha 1442 H. / 2021 M. berjalan Lancar

(MAN 2 Banyumas) Purwokerto — Kegiatan distribusi hewan Kurban pada Idul Adha 1442 H./2021 M. berupa 11 ekor kambing ke 11 MTs/SMP di wilayah Kab. Banyumas dilaksanakan pada hari Senin (19/7/2021).

MAN 2 Banyumas sebagai lembaga pendidikan di wilayah Kabupaten Banyumas ikut berpartisipasi dalam menyambut Hari Raya Idul Adha 1442 H. / 2021 M. dengan kegiatan distribusi 11 ekor kambing Kurban ke 11 MTs/SMP di wilayah Kabupaten Banyumas. Kegiatan tersebut adalah sebagai ganti dari kegiatan penyembelihan hewan Kurban yang tahun ini tidak bisa dilaksanakan di madrasah karena pandemi Covid-19 di zona merah.

Kegiatan penyembelihan hewan Kurban ataupun distribusi hewan Kurban telah menjadi agenda rutin tiap tahun dan telah menjadi Program Kerja Madrasah. Kegiatan tersebut sebenarnya adalah kegiatan pembelajaran untuk peserta didiknya di bidang keagamaan.

Kegiatan distribusi hewan Kurban diawali ke MTs N 1 Banyumas yang berlokasi di Jl. Jend. Sudirman 791 Purwokerto yang didampingi oleh Wakamad. Bidang Kesiswaan MAN 2 Banyumas Drs. Tun Fahmi Afif dan diterima oleh salah satu petugas dari madrasah tersebut. Dalam kegitan tersebut Drs. Tun Fahmi Afif menyampaikan bahwa MAN 2 Banyumas tidak menyembelih hewan Kurban tahun ini dan sebagai gantinya madrasah mengirimkan 1 ekor kambing. Beliau juga turut menyampaikan ucapan terima kasih karena banyak dari peserta didik MTs N 1 Banyumas yang masuk dalam penjaringan PPDB MAN 2 Banyumas tahun pelajaran 2021/2022.

Selanjutnya hewan Kurban didistribusikan ke MTs/SMP di wilayah Sokaraja (2 ekor kambing), Kalibagor (1 ekor kambing), Purwokerto Selatan (3 ekor kambing), Karanglewas (2 ekor kambing), Cilongok ( 1 ekor kambing) dan Gumelar (1 ekor kambing).

Pembina unit organisasi Rohis MAN 2 Banyumas Yusuf Haryadi, S.Pd. yang didampingi oleh 2 peserta didiknya ikut mendampingi kegiatan distribusi tersebut. Beliau juga turut menyampaikan bahwa hewan Kurban tersebut agar bisa disembelih dan dibagikan kepada orang-orang yang membutuhkan di daerah tersebut apalagi di masa pandemi ini dimana orang-orang yang membutuhkan jumlahnya semakin banyak.

Setiap tanggal 10 Dzul Hijjah, semua umat Islam yang tidak melaksanakan haji merayakan hari raya Idul Adha. Pada hari itu, umat Islam sangat disunnahkan untuk berkurban dimana mereka menyembelih hewan Kurban untuk kemudian dibagi-bagikan kepada seluruh umat Islam di suatu wilayah.

Allah SWT telah mensyariatkan kurban dengan firman-Nya, “Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu nikmat yang banyak. Maka dirikanlah salat karena Tuhanmu, dan berkurbanlah. Sesungguhnya orang-orang yang membencimu dialah yang terputus.” (Al-Kautsar: 1 — 3).

“Dan telah Kami jadikan untuk kamu unta-unta itu sebagai syiar Allah. Kamu banyak memperoleh kebaikan dari padanya, maka sebutlah nama Allah ketika kamu menyembelihnya.” (Al-Hajj: 36).

Berikut ini adalah hikmah berkurban baik bagi yang melakukan, menerima ataupun kepentingan umum :

  1. Bagi orang, keluarga, kelompok yang melakukan kurban :
  • Akan menambah cintanya kepada Allah SWT, karena kurban adalah salah satu amal yang paling dicintai oleh Allah SWT. Pada hari raya kurban
  • Akan menambah keimanannya kepada Allah SWT. Karena seluruh tubuh binatang kurban itu kelak dihari kiamat akan menjadi saksi dan menambah berat amalan orang yang melakukan kurban.
  • Dengan berkurban, berarti seseorang telah bersyukur pada Allah SWT atas segala rahmat dan karunia yang telah diberikan padanya.
  • Dengan berkurban berarti seseorang telah berbakti pada orang lain, dimana tolong menolong, kasih mengasihi dan rasa solidaritas dan toleransi memang diajarkan oleh agama Islam.
  1. Bagi orang yang menerima daging kurban
  • Akan bertambah keimanannya, karena sebagai orang mukmin yang kurang mampu dia merasa diperhatikan oleh saudara mukmin lainnya, sehingga motivasi keimanan dan keislaman akan bertambah.
  • Akan bertambah semangat hidupnya, karena mereka melihat suatu kenyataan bahwa yang bahagia antara lain jika pemberian atau bantuan orang lain adalah kurang menyenangkan.
  1. Bagi kepentingan umum
  • Akan menambah persatuan dan kesatuan karena ibadah kurban melibatkan seluruh lapisan masyarakat.
  • Akan menumbuhkan kesadaran beragama baik kepada orang mampu ataupun kepada orang yang kurang mampu.
  • Akan menumbuhkan kesadaran berbangsa dan bernegara karena dengan ibadah kurban secara tidak langsung kita telah melaksanakan UUD 1945 dan Pancasila, karena telah menyantuni anak yatim dan fakir miskin dan orang-orang yang terlantar dimana mereka semua adalah menjadi tanggung jawab negara (UUD 1945 pasal 34). (Mufi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts