Blog Post

AGEN PERUBAHAN KEMENAG KEMENTERIAN AGAMA ACTION EPISODE #2 Penerima Apresiasi Pelaporan Gratifikasi KPK

AGEN PERUBAHAN KEMENAG KEMENTERIAN AGAMA ACTION EPISODE #2 Penerima Apresiasi Pelaporan Gratifikasi KPK

MAN 2 Banyumas, Purwokerto – Kegiatan Agen Perubahan Kementerian Agama Action! merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh Itjend. Kemenag. RI sebagai bahan wawasan dan edukasi bagi satuan kerja yang berada di wilayah Kementerian Agama Republik Indonesia terutama ditujukan untuk Satuan Kerja yang telah ditunjuk Pilot Project Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilyah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) dengan metode Episode yang telah disiapkan.

Pada kesempatan Episode 2 kali ini, kegiatan Agen Perubahan Kementerian Agama mendiskusikan katagori Penerima Apresiasi Pelaporan Gratifikasi Tahun 2018 dari KPK RI dengan Nara Sumber Abdurrahman Muhammad Bakri. Beliau adalah Penghulu Muda KUA Kecamatan Gantiwarno Klaten Jawa Tengah sekaligus yang telah menerima Apresiasi Pelaporan Gratifikasi dari KPK RI pada Tahun 2018.

Kegiatan diawali dengan sambutan dan pembinaan dari Dr. H. Kusoy, M.Si. selaku Inspektur Wilayah II Itjend Kemenag RI. Dalam sambutannya beliau menyampaikan hal-hal yang terkait dengan pentingnya Peran Agen Perubahan baik sebagai Katalis, Penggerak Perubahan, Pemberi Solusi, ataupun sebagai Mediator dan Penghubung.

Beliau juga turut menyampaikan bahwa Agen Perubahan merupakan individu/kelompok terpilih yang menjadi pelopor dan mampu menggerakkan perubahan sekaligus dapat berperan sebagai panutan dalam berperilaku yang mencerminkan nilai lima budaya kerja dan memiliki kinerja yang tinggi sehingga siapapun ASN yang berada di wilayah kerja Kementerian Agama baik atasan ataupun bawahan sekalipun bisa menjadi Role Model.

Role model sendiri adalah “person who serve as an example, whose behavior is emulated by others” atau seseorang yang memberikan teladan dan berperilaku yang bisa diikuti oleh orang lain.

Acara selanjutnya adalah Sesi diskusi bersama Abdurrahman Muhammad Bakri. Dalam kesempatan tersebut bilau memaparkan beberapa tips dan tahapan sampai mendapatkan penghargaan dari KPK. Beliau juga menyampaikan bahwa kita melaksananakan tugas dan kewajiban sesuai dengan peraturan yang ada dengan SOP yang jelas. Pelayanan prima dan ikhlas akan memberikan kesan yang baik dari masyarakat dan ikut mendukung program-program yang sedang dijalankan di wilayah tersebut. Kejujuran, kepatuhan sebagai ASN dan bekerja karena ibadah adalah kunci kesuksesan dalam bekerja.

Kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dari peserta kegiatan yang merupakan perwakilan dari beberapa satuan kerja di Wilayah Kerja Kantor Kementerian Agama RI.

Di penghujung acara, Nurul Badruttamam selaku Panelis menyampaikan bahwa Kegiatan Agen Perubahan Kementerian Agama Action! Episode 2 ini merupakan kegiatan lanjutan dari Episode pertama. Selanjutnya Episode 3 akan menghadirkan Nara Sumber dari UIN Meizu Purwokerto sekaligus Penerima Apresiasi Pelaporan Gratifikasi dari KPK RI.

Kegiatan AGEN PERUBAHAN KEMENTERIAN AGAMA ACTION! ini diprakarsai oleh Subbag TU dan Humas Kementerian Agama RI.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut perwakilan dari MAN 2 Banyumas sebagai salah satu satuan kerja yang ditunjuk sebagai Pilot Project Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilyah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).

(Mufi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts