Blog Post

Program Pilot Project Desa Bersinar, BNNK Banyumas Tunjuk Tiga Siswa MAN 2 Banyumas Pada Kegiatan Dialog Interaktif Remaja Anti Narkotika

Program Pilot Project Desa Bersinar, BNNK Banyumas Tunjuk Tiga Siswa MAN 2 Banyumas Pada Kegiatan Dialog Interaktif Remaja Anti Narkotika

MAN 2 Banyumas, Purwokerto – BNN Kabupaten Banyumas telah menunjuk tiga siswa MAN 2 Banyumas dari 10 peserta yang mengikuti kegiatan Dialog Interaktif Remaja Teman Sebaya Anti Narkotika sebagai perwakilan siswa SMA/SMK/MA se-Kab. Banyumas yang berdomisili di Pilot Project Desa Bersinar (Bersih Narkoba) yaitu desa Karangtengah Kecamatan Baturraden dan desa Tambaksari Kidul Kecamatan Kembaran mulai hari Senin (16/8/2021).

Kegiatan Dialog Interaktif Remaja Teman Sebaya Anti Narkotika yang diselenggarakan oleh BNN Kabupaten Banyumas tersebut dilaksanakan secara tatap muka dengan peserta terbatas hanya 10 siswa dan menerapkan protokol kesehatan dengan tujuan kegiatan yaitu :

  1. memiliki kesiapan untuk bersih dari narkoba, menumbuhkan kepercayaan diri dalam bersosial sehingga akan memperkuat citra positif remaja.
  2. bisa menjadi contoh (role model) bagi teman sebaya lainnya, baik dalam sikap maupun kepribadian untuk bersih narkoba.
  3. mampu mendapatkan teman sebaya yang bisa saling mengajak pada kebaikan.
  4. mampu menempatkan diri diantara teman sebayanya, keluarga, di lingkungan sekolah atau lingkungan bermain dan juga dapat membantu memecahkan persoalan tanpa diminta.

Berdasarkan agenda awal yang telah disampaikan ke madrasah, kegiatan tersebut direncanakan dari tanggal 16 Agustus hingga 19 September 2021 dengan 10 kali tatap muka. Namun pada akhirnya kegiatan dipadatkan oleh panitia dan berakhir pada hari Ahad (29/8/2021).

Tempat pelaksanaan kegiatan tatap muka dikemas sedemikian rupa untuk memberikan wawasan dan pengenalan lingkungan kepada peserta dengan bertempat di Kantor BNNK Banyumas, Balai Desa Karangtengah, Red Chilli Restaurant, Balai Desa Tambaksari Kidul, Kemangi Restarurant, dan PIE Napza Baturraden.

Materi kegiatan dalam 10 tatap muka meliputi : Pendidikan Materi Anti Narkoba, Perspektif Hukum tentang Narkoba (materi pendalaman), War on Drugs bagi remaja, Perkembangan masa remaja, Keluarga, PHBS, Self Regulation, Assertiveness, Reaching Out dan berakhir dengan materi Review dan Tindak Lanjut.

Adapun Pemateri kegiatan adalah dari Tim BNNK Banyumas, Dosen FH Unsoed, Jaksa Kejari Purwokerto, Psikolog UMP, DPPKBP3A, TP PKK Kab.Banyumas, Dosen FIK Unsoed, Puskesmas Purwokerto Timur II, dan BRSKP Napza Satria Baturraden.

Terkait dengan kegiatan Dialog Interaktif Remaja Teman Sebaya Anti Narkotika, Sub koordinator pencegahan BNN Kabupaten Banyumas Wicky Sri Erlangga, S.Sos, M.Si dalam sambungan telepon menyampaikan bahwa remaja yang dilatih memiliki kesiapan untuk bersih dari narkoba, menumbuhkan kepercayaan diri dalam bersosial sehingga akan memperkuat citra positif remaja.

Selanjutnya beliau juga menambahkan bahwa hasil ataupun pencapaian dari kegiatan tersebut selama 10 kali tatap muka adalah terbentuknya 10 (sepuluh) remaja teman sebaya anti narkotika yang paham serta dapat mengembangkan kemampuan yang aplikatif kepada remaja dalam menciptakan pertemanan yang adaptif dalam menolak penyalahgunaan narkoba.

Salah satu peserta kegiatan dari MAN 2 Banyumas Najwa Amelia (Kelas X. MIPA 3) memberikan kesan yang mendalam pada kegiatan tersebut. “Dari kegiatan ini saya mendapatkan banyak pengalaman, ilmu baru, dan teman baru, yang belum pernah saya dapatkan sebelumnya.  Kegiatan ini juga mengembangkan kemampuan saya dalam berbicara di depan umum dan belajar diskusi dengan teman-teman baru”, begitu ucapnya.

Pilot Project Desa Bersinar (Bersih Narkoba) merupakan program dari BNN dalam rangka menyelamatkan generasi muda dan salah satu upaya mewujudkan Indonesia Bersinar, dengan berkolaborasi bersama kementerian/lembaga, serta pemerintah daerah. Pencegahan peredaran dan penyalahgunaan narkoba harus dilakukan sedini mungkin dari cakupan wilayah terkecil, yakni desa.

Selamat buat ananda Najwa Amelia, Dontik Dwi Sahera dan Faza Nurlintang Tyas Anggraini yang telah ditunjuk BNNK Banyumas sebagai Duta Remaja Anti Narkoba. (Mufi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts