Blog Post

PILKETOS “Mari berdemokrasi di Masa Pandemi” Sukses Dilaksanakan

PILKETOS “Mari berdemokrasi di Masa Pandemi” Sukses Dilaksanakan

Kepengurusan OSIM MAN 2 Banyumas Masa Bakti 2019/2020 telah  berakhir, maka untuk kesinambungan kepemimpinan dan produktivitas realisasi program kegiatan selanjutnya, mutlak diperlukan kepengurusan baru OSIM Masa Bakti 2020/2021 melalui Program Rutin Tahunan yakni Pemilihan Umum Ketua dan Wakil Ketua OSIM (PILKETOS) untuk kemudian melengkapi kepengurusannya satu tahun kedepan.

Kegiatan Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIM (PILKETOS) telah dilaksanakan secara sukses melalui rangkaian kegiatan dari awal hingga akhir pada tanggal 11 s.d 23 November 2020 dengan acara sebagai berikut :

NO Hari / Tanggal Jenis Kegiatan Tempat Peserta
1. Rabu-Jum’at, 11-13 November 2020 Pendaftaran Calon Kandidat Ketua & Wakil Ketua OSIM MAN 2 Banyumas Menyesuaikan Siswa Siswi MAN 2 Banyumas kelas X dan XI
2. Sabtu, 14 November 2020 Tes Tertulis & Tes Wawancara 1 calon Ketua & Wakil Ketua OSIM MAN 2 Banyumas

( seleksi tahap 1)

Aula belakang & kelas Calon Ketua & Wakil Ketua OSIM
3. Senin, 16 November 2020 Tes wawancara II

(seleksi tahap 2)

Ruang TDF Calon Ketua & Wakil Ketua OSIM
4. Selasa,  17 September 2019 Seleksi tahap 3 & Penetapan 3 Paslon Ketua & Wakil Ketua OSIM MAN 2 Banyumas Ruang TDF Calon Ketua & Wakil Ketua OSIM
5. Rabu-Jum’at, 18-20 November 2020 Orasi dan Kampanye 3 Paslon ketua & wakil ketua  OSIM MAN 2 Banyumas Menyesuaikan Calon Ketua & Wakil Ketua OSIM
6. Sabtu, 21 November 2020 Debat 3 Paslon Ketua & Wakil ketua OSIM MAN 2 Banyumas dan Fase Hari Tenang Aula belakang Calon Ketua & Wakil Ketua OSIM
7. Senin, 23 November 2020 Pemilihan Ketua & Wakil Ketua OSIM – MPK MAN 2 Banyumas Menyesuaikan Seluruh siswa MAN 2 Banyumas

Tujuan dari kegiatan ini adalah :

  1. Memilih Calon Ketua & Wakil Ketua OSIM dan MPK MAN 2 Banyumas Periode 2020/2021.
  2. Melatih jiwa demokrasi siswa/siswi MAN 2 Banyumas.
  3. Menyalurkan minat siswa/siswi MAN 2 Banyumas dalam berorganisasi.
  4. Melatih siswa/siswi MAN 2 Banyumas untuk bersikap sesuai dengan asas PEMILU.

Dengan mengangkat tema “Mari berdemokrasi di Masa Pandemi”, kegiatan PILKETOS dilaksanakan secara virtual tanpa mengurangi makna demokrasi. Kegiatan demi kegiatan disiarkan langsung melalui akun Youtube SENI MANDAMAS yang memungkinkan bagi siswa-siswi yang berada di rumah menyaksikan siaran secara langsung ataupun tunda agar bisa menilai dan memilih pasangan yang akan dipilih dari 3 Paslon yang ditawarkan. Dan ketiga Paslon tersebut adalah hasil dari 3 tahap hasil seleksi dari seluruh paslon terbaik di MAN 2 Banyumas.

Pengambilan voting (hak pilih), panitia pelaksana memanfaatkan aplikasi Google form yang dibagikan melalui ketua kelas masing-masing kepada seluruh siswa MAN 2 Banyumas sebanyak 1600 anak dengan username dan password yang berbeda. Adapun hasil pengumpulan suara Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIM akhirnya memunculkan nama Paslon nomer urut 1 yaitu Nur Ahmad Fahmi Humaeni dan Hesti Yuliana sebagai pemeroleh suara terbanyak sekaligus berhak menjadi Ketua dan Wakil Ketua OSIM Periode 2020/2021.

Selamat kepada ananda Nur Ahmad Fahmi Humaeni dan Hesti Yuliana, semoga satu tahun kedepan mampu melaksanakan program kerja yang diamanahkan. Hasil dari kegiatan ini juga memunculkan nama Alfin Zaki (XI IPS 6) dan Lufita Intan Maharani Putri  (XI IPA 6) sebagai Ketua dan Wakil Ketua Majelis Perwakilan Kelas (MPK) MAN 2 Banyumas periode 2020/2021.

Tidak lupa ucapan terima kasih dari berbagai pihak untuk Ketua dan Wakil Ketua OSIM dan MPK MAN 2 Banyumas berikut kepengurusan periode sebelumnya yang telah melaksanakan amanah berupa Program Kerja dan kerjasama. Semoga apa yang telah dilaksanakan bermanfaat untuk semua pihak dan menjadi satu patokan untuk kepengurusan selanjutnya.

Keberadaan lembaga OSIM/OSIS di madrasah/sekolah diatur dalam Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor 226/C/Kep/0/1992 dan diperkuat dengan Undang-Undang  (UU)  nomor 20 tahun 2003 tentang Sisdiknas, serta Peraturan Pemerintah  (PP)  nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, sampai Permendiknas nomor 23 tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan. Sehingga OSIM/OSIS memiliki keistimewaan tersendiri baik secara lembaga, peran ataupun fungsi organisasi.

Organisasi Siswa Intra Madrasah (OSIM) dalam istilah lain Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS)  adalah satu-satunya wadah organisasi yang sah di madrasah/sekolah yang tidak mempunyai hubungan organisatoris dengan OSIM/OSIS di madrasah/sekolah lain dan tidak menjadi bagian atau alat dari organisasi lain yang ada di luar sekolah, yang merupakan salah satu dari empat jalur pembinaan kesiswaan, selain latihan kepemimpinan, ekstrakulikuler, dan wawasan wiyatamandala.

Secara sistematik OSIM dipandang sebagai suatu sistem, yakni tempat kehidupan berkelompok siswa yang bekerjasama untuk mencapai tujuan bersama, dengan aktivitas mengadakan koordinasi, konsultasi, konsolidasi, komunikasi dan pelaporan dalam upaya menciptakan suatu organisasi dinamis yang mendukung terciptanya Visi, Misi dan Tujuan Madrasah.

Pembinaan sacara continue, berjenjang, berkesinambungan dan dilengkapi dengan perangkat informasi, ajang kegiatan dan sarana pelatihan baik langsung maupun tidak langsung untuk mematangkan kemampuan berorganisasi para siswa sesuai dengan tahapan manajemen kemampuan seperti Planning, Organizing, Actuating, Controlling dan Evaluating (POACE) adalah hal yang sangat penting.

Membina dan menumbuhkembangkan kemampuan serta organization skill para siswa dan pengurus OSIM merupakan tanggung jawab bersama antara komponen sekolah, orang tua, masyarakat dan pemerintah, agar kelak mereka memiliki pengetahuan dan pengetahuan mumpuni dalam memimpin dan mengelola organisasi dengan penuh disiplin dan tanggung jawab secara demokratis, jujur, adil dan amanah.

Pembinaan dan pengembangan serta kaderisasi kepemimpinan OSIM dan organisasi-organisasi lain yang ada di bawaah koordinasinya merupakan kebutuhan mutlak yang harus dipenuhi setiap tahun dan berlaku pada setiap generasi secara terus-menerus dan harus diciptakan setiap tahun. (Mufi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts